Jakarta (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa menyatakan tertarik merebut pasar pengguna jasa penerbangan di Indonesia dan hal itu dilakukan maskapai tersebut tidak hanya berfokus pada Jakarta.

"Kami ingin berpartisipasi pada pertumbuhan pesat yang sedang dialami Indonesia," kata Country Manager Indonesia Leo Tonidandel, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Menurut Leo Tonindael, pihaknya membuka rute penerbangan di Indonesia tidak hanya di Jakarta meski kebanyakan aktivitas bisnis dan perekonomian terjadi di ibukota.

Ia memaparkan, saat ini pesawat Lufthansa dapat ditemui di beberapa kota di Indonesia di luar Jakarta seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Denpasar, dan Balikpapan. "Kami di sini tidak hanya untuk mempromosikan Jakarta," katanya.

Leo juga mengatakan, sejumlah kota di luar Jakarta yang mengalami pertumbuhan infrastruktur yang luar biasa antara lain adalah Surabaya.

Sejumlah rute baru yang akan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia yang ingin mengunjungi Eropa antara lain adalah Surabaya-Milan dan Semarang-London.

Sebaliknya, terdapat rute dan destinasi baru Lufthansa yang akan dibuka untuk warga Eropa yang ingin berkunjung ke Indonesia seperti Paris-Bandung dan Madrid-Balikpapan.

Leo juga mengemukakan, pengguna jasa dari Indonesia juga tidak hanya terbuka kepada Eropa tetapi aksesnya juga dapat menuju ke tempat lainnya seperti Kanada, Meksiko, Brazil, dan Argentina, melalui jaringan penerbangan Lufthansa.

"Penting bagi kami agar para pelanggan mudah untuk mendapatkan tiket ke tempat yang mereka inginkan dengan harga yang kompetitif," katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah maskapai di kawasan Asia Tenggara seperti Singapore Airlines.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013