Kebakaran yang terjadi di area lahan di Jalan Lintas Sumatera sudah berlangsung dari pukul 11.30 WIB dan berhasil dipadamkan pukul 13.40 WIB
Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berhasil memadamkan kebakaran lahan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, pada Sabtu.

"Kebakaran yang terjadi di area lahan di Jalan Lintas Sumatera sudah berlangsung dari pukul 11.30 WIB dan berhasil dipadamkan pukul 13.40 WIB," kata Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering mengakibatkan mudah terbakar.

"Alhamdulillah pukul 13.40 WIB tadi api sudah padam, dibantu oleh warga sekitar dan mengerahkan dua unit ranpur (kendaraan tempur) 04 dan 03 dari Posko Kalianda," katanya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Baca juga: Damkar berupaya padamkan kebakaran lahan di Bakauheni Lampung Selatan
Baca juga: KLHK tingkatkan patroli untuk cegah karhutla di Tol Trans Sumatera


Atas kejadian tersebut ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan bahwa kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan, karena dapat menyebabkan kebakaran," ujarnya.

Untuk diketahui hingga saat ini Kabupaten Lampung Selatan masih sering terjadi peristiwa kebakaran lahan, dimana penyebab utamanya adalah kelalaian manusia  yang sering membuang pentung rokok dan membakar lahan.

Baca juga: Lampung minta kabupaten/kota lanjutkan pemantauan titik panas

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023