Kalau BIJB kita pastikan tanggal 29 Oktober siap, itu diawali dengan tujuh rute
Majalengka, Jawa Barat (ANTARA) -
Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Jawa Barat, memastikan seluruh perbaikan sarana di fasilitas penerbangan itu rampung sebelum 29 Oktober 2023 sehingga tidak mengganggu pembukaan operasional bandara itu.
 
"Sedang dalam perbaikan. Itu sebelum 29 Oktober selesai," kata Direktur Utama PT BIJB Muhammad Singgih di Majalengka, Minggu.
 
Ia menjelaskan perbaikan itu dilakukan untuk menyempurnakan fasilitas, karena pada akhir Oktober 2023 ini kegiatan penerbangan komersial di Bandara Kertajati mulai dibuka.
 
Secara keseluruhan, Singgih menyatakan sarana dan fasilitas di BIJB Kertajati sudah siap digunakan para penumpang yang akan melakukan perjalanan udara melalui bandara tersebut.
 
"Kalau BIJB kita pastikan tanggal 29 Oktober siap, itu diawali dengan tujuh rute," katanya.

Baca juga: Pemda di Cirebon buka peluang investasi menyusul pengoperasian BIJB

Baca juga: Sebanyak 29 tenant siap beroperasi di Bandara Kertajati
 
Untuk tujuh rute itu, kata Singgih, terdiri atas penerbangan menuju Makassar, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Kualanamu, Batam dan Palembang.
 
Pihaknya terus menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk segera mencoba penerbangan dari Bandara Kertajati.
 
"Itu start awal dari tujuh rute tersebut. Nanti berikutnya akan mengikuti perkembangan," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Singgih mengungkapkan seluruh tenant di Bandara Kertajati akan dibuka menyusul beroperasinya fasilitas penerbangan tersebut.
 
"Tenant akan beroperasi langsung, pada dasarnya mereka sudah beroperasi di sini. Nanti 29 Oktober, begitu memulai penerbangan langsung beroperasi kembali," katanya.
 
Selain itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah dinas pariwisata setempat, untuk melakukan kolaborasi agar daerah-daerah yang menjadi kawasan penyangga BIJB dapat merasakan dampak positif dengan dibukanya penerbangan komersial di Bandara Kertajati.
 
Mengacu pada informasi sebelumnya, saat ini terdapat beberapa maskapai seperti AirAsia Indonesia, Super Air Jet dan Citilink yang melayani tujuh rute penerbangan di Bandara Kertajati.
 
"Untuk penumpang sesuai perkembangan, saya belum ngecek. Tapi dapat dipastikan penerbangan itu terjadi," ucap dia.

Baca juga: AP II sebut penerbangan umrah di BIJB bisa ditingkatkan

Baca juga: Pemprov Jabar tawarkan keunggulan Bandara Kertajati kepada masyarakat

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023