Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Kecamatan Tarumajaya keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bekasi, Jawa Barat yang berlangsung tanggal 11-15 Oktober 2023 di area Aquatic Center Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi menutup Porkab Bekasi 2023 yang berlangsung tanggal 11-15 Oktober 2023 di area Aquatic Center Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Minggu malam, yang menjadi bentuk penghargaan kepada olahraga prestasi di Kabupaten Bekasi, sekaligus komitmen pemerintah daerah bersama otoritas olahraga setempat dalam mewujudkan masa depan terbaik olahraga prestasi.

"Kita bisa lihat di masing-masing kecamatan pemerataan medali hampir sama, artinya tidak ada yang nol. Ini membuktikan Kabupaten Bekasi semangat sekali dalam memajukan olahraga prestasi," katanya saat menutup kegiatan itu, sekaligus memuji Kecamatan Tarumajaya sebagai juara umum mengoleksi 37 medali emas, 17 perak, dan 23 perunggu, diikuti Tambun Selatan dengan 22 emas, 16 perak, dan 23 perunggu, serta Kecamatan Tambelang di urutan ketiga dengan 14 emas, 12 perak, dan 10 perunggu.

Baca juga: Arena Porprov Jabar di Bekasi 90 persen siap

Dia memastikan ajang olahraga iprestasi ni akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan setiap dua tahun sekali. Porkab Bekasi 2025 akan direncanakan dengan matang guna meningkatkan prestise kegiatan multi event antar kecamatan ini.

"Di ajang Porkab 2023 ini, kita menggali, dan untuk 2025 atau agenda dua tahunan ini diharabkan akan menjadi lebih baik lagi. Diharapkan peran serta semua, selain KONI dan Disbudpora, camat juga harus lebih aktif. Perencanaan anggaran ke depan juga akan lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: Wagub NTT beraudiensi dengan Menpora terkait kesiapan PON 2028

Dedy mengaku sesuai instruksi Penjabat Bupati Bekasi, pemerintah daerah hingga perangkat kecamatan diminta mendukung ajang Porkab Bekasi sebagai bentuk komitmen memasyarakatkan olahraga sekaligus menggali prestasi atlet Kabupaten Bekasi.

"Pemerintah Kabupaten Bekasi sangat mendukung kemajuan perkembangan prestasi yang ditorehkan oleh atlet muda kita, baik provinsi, nasional, bahkan internasional, terutama dalam mengharumkan nama Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Baca juga: Legislator apresiasi prestasi pelajar DKI Jakarta di Popnas Palembang

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan menjelaskan ajang Porkab Bekasi ke depan akan dioptimalkan dengan persiapan pembinaan sampai ke tingkat desa. Menurut dia kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga level pemerintah desa mutlak harus dijalankan demi memasyarakatkan olahraga prestasi.

"Makanya ke depan para camat kita harapkan untuk menyampaikan ke tingkat desa dan kontingen-kontingen agar bisa mendapat dukungan yang luar biasa. Kami yakin ke depan dari kecamatan-kecamatan dan atlet berprestasi bisa lebih terukur, makanya kita tetapkan untuk dua tahun yang akan datang," katanya.

Baca juga: Jawa Timur raih empat medali emas senam artistik Popnas

Reza menyatakan para atlet yang berhasil meraih medali pada ajang Porkab Bekasi 2023 akan mendapatkan pembinaan khusus melalui pengurus cabang olahraga terkait.

Menurut dia, pola pembinaan ini bisa melalui dua skema. Pertama, pihak kecamatan menitipkan atlet di pusat latihan KONI Kabupaten Bekasi atau KONI akan menurunkan pelatih ke wilayah kecamatan.

"Sebagian besar atlet ini sudah terpantau, dan ini juga atletnya adalah dari cabang olahraga yang ada di daerah sendiri. Melalui Porkab ini terjalin sinergitas kita semua," katanya.

Baca juga: Menpora buka Popnas XVI di Palembang

Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengapresiasi KONI Kabupaten Bekasi yang terus konsisten menyelenggarakan ajang-ajang olahraga prestasi, termasuk Pekan Olahraga Kabupaten Bekasi 2023 yang berlangsung meriah dan sukses.

"Saya mengapresiasi KONI Kabupaten Bekasi, juga Kecamatan Tarumajaya yang keluar sebagai juara umum Porkab Bekasi tahun ini," ucapnya.

Baca juga: KONI tunjuk Bogor dan Bekasi jadi tuan rumah Pekan Olahraga Bela Diri

Dia memastikan Porkab 2025 akan dijalankan lebih optimal, dengan persiapan yang lebih matang. Sehingga dukungan dari pihak kecamatan kepada atlet bisa lebih baik.

"Pada tahun 2025 seleksi di tingkat kecamatan akan lebih selektif lagi agar bisa memunculkan atlet berprestasi yang membanggakan di Kabupaten Bekasi," kata dia. .(KR-PRA).

Baca juga: Menpora harapkan KONI lebih inovatif dalam mengadakan pekan olahraga
Baca juga: Menaker buka pekan olahraga antarpekerja kawasaan industri

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023