Sangat sedikit penelitian yang secara khusus mengamati manfaat jus jeruk untuk pilek.
Jakarta (ANTARA) - Sebagian orang meyakini segelas jus jeruk bisa membantu saat sedang tidak enak badan termasuk saat pilek karena kandungan vitamin C-nya.

Pakar diet sekaligus pendiri Real Nutrition NYC Amy Shapiro, MS, RD, seperti disiarkan Health pada akhir September lalu mengakui vitamin C merupakan antioksidan kuat untuk sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, jus jeruk juga mengandung potasium dan vitamin A, yang juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetapi, sangat sedikit penelitian yang secara khusus mengamati manfaat jus jeruk untuk pilek.

“Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen (vitamin C) secara teratur dapat membantu menangkal gejala pilek, namun, meminumnya setelah Anda terkena flu tidak memperpendek durasinya," kata Shapiro.

Baca juga: Minum jus jeruk dengan bulir mampu ringankan sembelit

Lalu, haruskah seseorang minum suplemen vitamin C untuk mencegah pilek?

Menurut Shapiro, mengonsumsi suplemen vitamin C dapat memastikan seseorang mendapatkan dosis vitamin C tertentu secara lebih teratur daripada hanya mengandalkan diet untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

“Saya akan merekomendasikan untuk memasukkan (suplemen vitamin C) selama musim pilek dan flu jika Anda takut sakit. Ini akan memastikan Anda mendapatkan cukup asupan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, apa pun pilihan makanan yang tersedia pada hari, minggu, atau bulan tersebut," kata dia menjelaskan.

Namun, dia menekankan suplemen tidak boleh menjadi pilihan pertama. Sebaliknya, prioritaskan pemenuhan kebutuhan vitamin C melalui pola makan yang seimbang dan bergizi.

Baca juga: Kiat jaga kesehatan saat cuaca ekstrem

Kemudian, meskipun vitamin C adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada vitamin dan mineral lain yang perlu dipertimbangkan juga.

“Zink dapat membantu mempersingkat durasi pilek sekitar satu hari atau lebih jika dikonsumsi dalam 24 jam pertama setelah gejala muncul dan dapat mencegah infeksi saluran pernapasan atas yang muncul setelah flu atau pilek,” kata Shapiro.

Shapiro juga menekankan pentingnya tubuh tetap terhidrasi dengan baik, tidak hanya saat seseorang pilek, tetapi, juga untuk kesehatan sehari-hari.

“Mencukupi cairan penting untuk membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Saat selaput lendir Anda menjadi kering dan pecah-pecah, kuman bisa masuk dan menyebabkan penyakit," tutur dia.

Baca juga: Saat tubuh sehat, vitamin C hanya perlu secukupnya

Baca juga: 6 warna cairan hidung saat flu tentukan masalah kesehatan seseorang

Baca juga: Apa bedanya influenza dan batuk pilek?

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023