Jakarta (ANTARA) - Pakar dermatologi lulusan Universitas Gadjah Mada dr Danar Wicaksono, MSc. SpDV mengingatkan orang-orang tentang tiga pilar perawatan kulit demi meminimalisir berbagai masalah kulit.

"Biasanya dokter kulit menyarankan tiga pilar skincare baik malam maupun siang hari, yakni cleansing, membersihkan wajah atau kulit suatu hal yang harus dilakukan," kata dia di Jakarta, Jumat.

Setelah membersihkan lalu lembapkan kulit. Danar mengatakan apapun jenis kulitnya, tetap butuh pelembap. Pada kulit yang berminyak sekalipun, namun sebaiknya pilih yang berbasis air.

Baca juga: Kiat perawatan kulit untuk pria saat hadapi cuaca panas

Selanjutnya, lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya.

Setelah seseorang menerapkan tiga pilar tersebut, Danar menyarankan penggunaan vitamin C pada pagi dan malam hari.

Penggunaan vitamin C pada pagi hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA akibat paparan sinar UV. Sementara pada malam hari, vitamin C bisa berperan untuk mengoreksi, menghilangkan noda gelap di kulit.

"Vitamin C dipakai terus menerus ternyata ini memiliki kemampuan membuat kulit lebih plumpy, bagus," ujar Danar.

Danar mengatakan biasanya menerapkan lima langkah perawatan kulit, dimulai pembersihan kulit, kemudian penggunaan dua jenis serum, diikuti pelembap dan tabir surya.

"Malam pun lima step. Itu berdasarkan jurnal kedokteran sampai dengan layering lima step biasanya semuanya masih tembus ke kulit," jelas dia.

Danar menyarankan seseorang mulai merawat kulit sebaiknya berusia awal 20 tahun-nan agar nantinya terbentuk kebiasaan saat usia 30 tahun-nan. Ini mengingat kebiasaan merawat kulit tidak tercipta dalam satu malam.

Dia mengakui pernah menemui pasien yang baru memulai kebiasaan merawat kulit pada usia 30 tahun-nan. Ini menyulitkan perawatan terutama bila ada masalah noda hitam karena dia belum tentu mau pakai satu tahap perawatan kulit.

Baca juga: Dokter kecantikan sarankan perawatan antipenuaan mulai usia 30-an

Baca juga: Kiat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara

Baca juga: Cara merawat kesehatan kulit a la Rizki Febriyanti

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023