Banyak orang kebingungan harus mulai dari mana dan memilih produk apa
Jakarta (ANTARA) - Beauty enthusiast Rizki Febriyanti berbagi cara merawat kesehatan kulit bagi siapa pun yang sedang berjuang untuk memiliki kulit sehat.

Dalam merawat kulit, menurut Rizki Febriyanti, perlu dilakukan dengan benar, pemilihan produk yang tepat, dan mengevaluasi setiap prosesnya hingga bisa berhasil memiliki kulit yang cantik dan natural.

“Mengapa perawatan kulit dari luar dan dalam begitu penting, terutama bagi orang muda? Sebab, memiliki kulit cantik dan sehat merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi, kulit cantik dan sehat adalah pemberian Tuhan yang wajib dijaga dan dirawat,” kata Rizki Febriyanti dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Rizki membagi kiat merawat kulit tersebut dalam kegiatan edukasi yang dilaksanakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah III berkolaborasi dengan Svetlyne dan Hevit C dengan tema "Beauty Inside Outside: Merawat Kesehatan Fisik dan Mental sebagai Implementasi Self-Love".

Baca juga: Pemilik kulit sensitif disarankan pakai retinol bertahap

Rizki Febriyanti mengatakan, ada banyak aspek yang memengaruhi kesehatan kulit. Misalnya, dari dalam ada faktor hormonal, konsumsi makanan, pola tidur, kecukupan air, dan lain sebagainya. Kemudian, faktor dari luar adalah pengaruh paparan radiasi sinar ultraviolet (UV), dan polusi udara yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

“Dengan beberapa faktor pemicu kerusakan kesehatan kulit, perlu dilakukan perawatan dan konsistensi yang tepat agar bisa maksimal dalam menjaga kulit kita tetap cantik dan sehat,” jelas Rizki Febriyanti.

Rizki Febriyanti pun memberikan cara untuk melindungi kulit dari serangan polusi.

“Perlu memperkuat skin barrier (lapisan kulit) agar kulit tidak cepat kering. Lalu bisa terhidrasi dan mengurangi minyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Solusinya menggunakan skincare yang lebih berfungsi menghidrasi kulit secara optimal sehingga meminimalisir kekeringan pada kulit. Lalu juga perlu mengonsumsi air putih agar kulit tetap terhidrasi secara optimal,” ujar dia.

Sedangkan cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kata Rizki Febriyanti, adalah wajib menggunakan tabir surya dengan SPF 30 hingga 50 PA +++ yang berfungsi melindungi kulit agar tidak rusak.

Baca juga: Pemilik kulit kering dianjurkan pakai pelembap usai perawatan botox

“Jika kita yang sering beraktivitas di luar ruangan dan intensitas terpapar sinar matahari sangat tinggi, perlu melakukan reapply pada kulit agar terjaga secara optimal,” tutur Rizki Febriyanti.

Rizki Febriyanti pun berusaha menjawab keluhan sebagian besar orang, terutama awam melakukan tahapan perawatan kulit.

Rizki Febriyanti memberikan jawaban dengan sebuah web apps Beauty inside/outside. Tujuannya agar bisa membantu mendiagnosa kondisi kulit, merekomendasikan produk yang sesuai dan tahapan perawatan yang baik bagi pengguna.

“Banyak orang kebingungan harus mulai dari mana dan memilih produk apa. Lalu jika ada yang tidak konsisten dalam menggunakannya sehingga tidak optimal. Atas dasar itu, aku memutuskan membuat web apps beauty inside/outside agar aku bisa menuntun mereka semaksimal mungkin,” jelas Rizki Febriyanti.

Rizki Febriyanti membangun personal branding melalui jenama kecantikan pertamanya, HelloDerma. Kemudian, dilakukan re-branding menjadi Svetlyne.

“Karena sering berkutik dengan produk jadi mengetahui bahan-bahan apa saja yang bagus sesuai kebutuhan kulit. Orang suka trial and error dengan beberapa produk dan sering berbagi akhirnya banyak yang percaya dengan review aku karena selalu jujur. Sejak saat itu, orang-orang menilai aku sebagai beauty enthusiast,” tutur Rizki Febriyanti.

Baca juga: Pentingnya lindungi dan rawat kulit dari paparan sinar matahari

Baca juga: Kiat merias mata minimalis untuk sehari-hari

Baca juga: Perawatan kulit komprehensif cegah dampak buruk polusi & radiasi UV

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023