Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis ortopedi lulusan Universitas Indonesia dr Yoshi Pratama Djaja, Sp.OT (K) mengatakan secara epidemiologis panggul menjadi salah satu bagian tubuh paling terdampak osteoporosis, selain pergelangan tangan dan tulang belakang.

"Alasan spesifik mengapa osteoporosis berdampak utama pada ketiga bagian tubuh di atas masih belum dapat dijelaskan secara mendetail, tetapi diduga berhubungan dengan morfologi dan fungsi ketiga bagian tersebut," kata Ketua Divisi Data dan Teknologi Informasi Indonesian Orthopaedic Association (IOA) itu melalui pesan singkat kepada ANTARA,
 Senin.

Baca juga: Osteoporosis baru disadari setelah ada patah tulang

Yoshi mengatakan tulang panggul (hip) pada khususnya tidak hanya mendapatkan gaya kompresi (compression load) ketika menahan beban tubuh, tetapi juga mengalami gaya tensi (tension load) yang berakibat tingginya bone turnover atau proses resorpsi yang diikuti penggantian dengan tulang baru, di area panggul.

Sementara itu, osteoporosis mengakibatkan proses bone turnover berkurang atau kurang seimbangnya antara pembentukan dan resporpsi tulang, sehingga hal ini dapat berdampak berat pada tulang panggul.

Lalu, berbicara upaya menjaga kesehatan tulang panggul agar tak terkena osteoporosis hingga lanjut usia nanti, Yoshi menyarankan masyarakat rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, mencukupkan kebutuhan kalsium dan vitamin D karena akan sangat membantu dalam mencegah osteoporosis.

Kemudian, pada mereka yang sudah mengalami patah tulang panggul akibat osteoporosis agar kualitas hidupnya meningkat, Yoshi menyarankan untuk mengembalikan fungsi struktur yang patah dengan dilakukan operasi hip replacement.

Tujuan dilakukan operasi ini adalah agar pasien dapat langsung mobilisasi duduk, berdiri, dan berjalan seperti sebelum mengalami fraktur tulang panggul.

"Tindakan operasi yang segera dan rehabilitasi atau recovery yang baik memegang peran penting di dalam hal ini," demikian pesan dokter spesialis bedah orthopedi konsultan hip & knee adult reconstruction, trauma, and sports di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya itu.

Baca juga: Polusi udara percepat kerusakan tulang pada wanita menopause

Baca juga: Indy Barends ubah gaya hidup demi jaga kesehatan tulang

Baca juga: Cegah osteoporosis dimulai dari pola makan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023