Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap Pameran Flora dan Fauna tahun depan bisa lebih semarak dibanding tahun ini yang telah berakhir pada Senin.

Pameran Flora dan Fauna (Flona) Jakarta 2023 yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dengan tema "Jakarta Berseri Menuju Indonesia Lestari" diselenggarakan sejak 15 September 2023.
 
Penutupan dilakukan oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara dengan membunyikan angklung bersama Gita Lansia dari Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) Kecamatan Matraman.
 
Pameran Flora dan Fauna ini diselenggarakan selama satu bulan penuh dari 15 September dan berakhir 16 Oktober 2023. "Alhamdulillah kegiatan flora dan fauna sesuai dengan rencana dengan target-target pelaksanaan yang dapat direalisasi," kata Bayu.

Baca juga: Pameran Flona Makin Diminati
 
Bayu mengatakan rata-rata jumlah pengunjung pameran tersebut pada akhir pekan sekitar 25.000 orang. Sedangkan rata-rata per hari adalah 5.000 orang.
 
Tak hanya menghadirkan 167 stan peserta dan tujuh stan instansi, Bayu menyebutkan, Pameran Flora dan Fauna juga memberikan ruang komunitas bagi masyarakat.
 
"Kami juga memberikan ruang komunitas yang dihadirkan sebagai bentuk sinergi dengan masyarakat untuk menampilkan inovasi dan kreativitas mereka seperti workshop dan instalasi seni maupun beragam perlombaan pada setiap akhir pekan yang berupa acara mingguan," kata dia.
 
Lomba-lomba yang diselenggarakan antara lain adalah merangkai hantaran bunga, lomba dari para komunitas dan juga lomba produk ramah lingkungan.

Baca juga: Tanaman obat semakin diminati
 
Dalam kesempatan yang sama, diumumkan pula para pemenang lomba, penerima apresiasi dan pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat DKI Jakarta 2023.
 
Sedangkan pemenang penghargaan di antaranya dari Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk kategori pencahayaan terbaik, Taman Margasatwa Ragunan untuk kategori pengunjung terbanyak serta untuk kategori kreasi terbaik kepada Kota Administrasi Jakarta Pusat.
 
Apresiasi keikutsertaan dalam acara Pameran Flora dan Fauna 2023 diberikan kepada Tim Oenggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Dharma Wanita Persatuan DKI Jakarta, Perhimpunan Anggrek Indonesia dan Ikatan Perangkai Bunga Indonesia.
 
Sedangkan pemenang Lomba Wana Lestari tingkat DKI Jakarta 2023 di antaranya adalah Padepokan Ciliwung Condet untuk kategori Kelompok Pecinta Alam, Ahmad Bayhaqi untuk kategori Kader Konversi Alam serta SPKP Bintang Laut untuk kategori Kelompok Tani Hutan.
 
Pameran diakhiri dengan penampilan permainan angklung lagu "Indonesia Pusaka" karya Ismail Marzuki dari Gita Suara FKLU Kecamatan 
Matraman, Jakarta Timur.
 
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023