Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah informasi menarik mewarnai berita ekonomi pada Senin (16/10), mulai dari pentingnya transisi penggunaan sumber energi ke sumber energi hijau dalam menghadapi kondisi suhu bumi yang semakin panas hingga dampak konflik Israel-Palestina terhadap perekonomian Indonesia.
 
Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak pagi ini.
 
1. BMKG: Bumi makin panas, transisi energi hijau harus segera dilakukan
 
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati mengumumkan, suhu permukaan bumi semakin panas maka untuk mengatasinya transisi penggunaan sumber energi berbahan bakar fosil ke sumber energi hijau di dalam negeri harus segera dilakukan secara menyeluruh.
 
Berita selengkapnya di sini
 
2. Dampingi Jokowi ke China, Erick bahas kereta cepat sampai Surabaya
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke China pada Senin, salah satunya membahas rencana pengembangan proyek kereta cepat ke Surabaya.
 
Berita selengkapnya di sini
 
3. Indonesia-Belanda perkuat kerja sama di bidang maritim
 
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), memperkuat kerja sama di bidang maritim dengan Belanda lewat 5th Bilateral Maritime Forum (BMF) RI-Belanda.
 
Berita selengkapnya di sini
 
4. BPS catat neraca perdagangan Indonesia surplus 41 bulan berturut-turut
 
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada September 2023 mengalami surplus sebesar 3,42 miliar dolar Amerika Serikat (AS).
 
Berita selengkapnya di sini
 
5. Pakar sebut dampak besar konflik Israel-Palestina bagi Indonesia
 
Pakar Hubungan Internasional Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Putrawandi Karjaya menyebut konflik Israel-Palestina akan berdampak besar terhadap perekonomian Indonesia, seperti melonjaknya utang luar negeri.
 
Berita selengkapnya di sini

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023