Dengan adanya dukungan dari mitra-mitra lain itu bisa mencapai 10 persen, jadi kita optimistis target 70 persen pada 2025 tercapai
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) optimistis terjadi pengurangan sampah plastik di laut sebesar 8 persen per tahun untuk mencapai target 70 persen pada 2025.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Nina Hendiarti mengatakan pengurangan sampah plastik di laut dapat terjadi bila didukung oleh berbagai mitra.

"Tahun lalu sudah mencapai 36 persen, jadi setiap tahun itu bertambah 8 persen pengurangannya. Dengan adanya dukungan dari mitra-mitra lain itu bisa mencapai 10 persen, jadi kita optimistis target 70 persen pada 2025 tercapai," ujar Nani usai acara ASEAN Conference for Combatting Plastic Pollution (ACCPP) di Jakarta, Selasa.

Nani mengatakan strategi untuk mewujudkan pengurangan sampah plastik di laut sebanyak 70 persen adalah dengan adanya kerja sama dengan 18 kementerian dan lembaga serta stakeholder lainnya.

Lebih lanjut, dalam strategi pengurangan sampah plastik di laut terdapat beberapa pilar utama yakni mengubah perilaku masyarakat, memperbaiki penanganan sampah di daratan dan perairan, mekanisme pendanaan dan penegakan hukum serta inovasi.

Baca juga: NPAP harap kebijakan dagang ASEAN perkuat penanganan polusi plastik

Baca juga: Kemenko Marves: ACCPP selaraskan pandangan ASEAN soal sampah laut


"Sekarang banyak anak-anak muda yang berinovasi, mereka datang dengan ide-ide bikin startup," kata Nina.

Ia mengatakan negara-negara di Asia Tenggara harus berperan dalam upaya mengurangi sampah plastik di lautan agar tidak tertinggal dengan negara maju.

Indonesia secara tegas berkomitmen menunjukkan aksi nyata dalam pengurangan sampah plastik. Oleh karenanya, melalui ACCPP, Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk saling bertukar pandangan dan mencari solusi terhadap penanganan sampah laut regional.

"Kita ingin mengajak negara-negara ASEAN untuk melakukan berbagai hal secara bersama-sama, jadi saling memotivasi dan saling bertukar bukan hanya policy-nya tapi juga pemikirannya, lalu pengalamannya, best practices-nya di ASEAN," kata Nani.

Baca juga: Kemenko Marves targetkan Indonesia jadi contoh penanganan sampah laut

Baca juga: Kemenko Marves optimistis turunkan 70 persen sampah laut pada 2025

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023