Yang istimewa tahun ini adalah kami mengundang pakar eksternal untuk memberikan motivasi kepada responden kami.
Gorontalo (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menggelar temu responden tahun 2023, di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Kepala Perwakilan BI Gorontalo Dian Nugraha, di Gorontalo, mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk apresiasi BI kepada para responden survei dalam penyediaan data selama tahun 2023.

Data yang disurvei di antaranya Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Penjualan Eceran (SPE), Survei Pemantauan Harga (SPH), dan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) dan lainnya.

"Yang istimewa tahun ini adalah kami mengundang pakar eksternal untuk memberikan motivasi kepada responden kami," ujar Dian.

Pakar yang didatangkan yaitu Helmi Yahya yang memberikan motivasi dengan tema 3 factors to elevate your potential kepada kurang lebih 250 responden dari pengusaha, pemerintah daerah dan instansi lainnya.

Dian mengungkapkan, melalui temu responden tersebut, KPw BI ingin memberikan apresiasi, bukan hanya diminta data saat diwawancarai, tapi diberikan juga motivasi sehingga kerja sama semakin erat.

"Saat ini kami juga sedang membuat buku tentang UMKM binaan agar mereka memiliki portofolio agar produknya semakin dikenal," ujar Dian pula.

KPw BI terus berusaha meningkatkan omzet UMKM di Gorontalo pemanfaatan digitalisasi, media sosial termasuk penjualan daring.

"Kami merumuskan ini dari hulu ke hilir, mulai dari produksi, penjualan, sumber daya manusia sehingga mereka tumbuh berkembang," kata dia pula.

Temu responden tersebut turut dihadiri oleh Sekda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Bulog Sub Divre Gorontalo, PT Garuda Indonesia, PT Pos, dan pemangku kebijakan lainnya.
Baca juga: BI Gorontalo memperluas promosi UMKM ke ASEAN
Baca juga: BI: Festival Kuliner Ikan Tuna berdampak positif bagi UMKM Gorontalo
Sejumlah pelaku UMKM mengikuti Temu Responden Bank Indonesia tahun 2023, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (17/10/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023