isu penangkapan ikan ilegal yang diharapkan dapat menjadi perhatian negara Asia-Afrika
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly terpilih menjadi Presiden Sesi Tahunan AALCO ke-61 dalam inaugurasi di Pecatu Hall, Nusa Dua, Bali, dan akan memimpin persidangan selama sepekan ke depan.

Terpilihnya Yasonna merupakan kehormatan mengingat Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Asia Africa Legal Consultative Organization (AALCO) dan pada tahun ini terpilih menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan forum internasional ini.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sesi Tahunan AALCO Ke-61 yang menjadi ketiga kalinya bagi Indonesia sebagai tuan rumah,” ujar Yasonna dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

AALCO yang didirikan pada 1956 merupakan forum kerja sama internasional yang dapat membantu perkembangan 47 negara anggotanya dalam isu hukum. Lembaga ini telah membawa kontribusi besar dalam pembangunan ekonomi kawasan Asia-Afrika, termasuk Indonesia yang merupakan kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Dalam penyelenggaraan Temu Tahunan ke-61 AALCO ini akan digelar, konferensi, pameran bisnis dan investasi, serta rangkaian sesi diskusi yang melibatkan kaum muda untuk membahas isu-isu seputar infrastruktur hukum dan dunia bisnis, termasuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Lewat forum ini, diharapkan bisa mempromosikan perkembangan hukum di Indonesia bagi dunia bisnis dan menjembatani kesenjangan informasi antara pengambil kebijakan dengan para pelaku usaha.
 
Kedudukan itu diserahkan oleh Presiden Sesi Tahunan AALCO Ke-60, Uma Shekar, yang memimpin persidangan pada tahun sebelumnya di India.
 
AALCO menggelar sesi tahunannya yang ke-61 di Bali untuk membahas agenda-agenda yang selama ini telah dibahas pada sesi-sesi tahun sebelumnya, serta usulan baru dari negara-negara anggota AALCO.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga secara aktif mengajukan usulan agenda baru yaitu terkait pembentukan Asset Recovery Expert Forum di antara negara-negara Asia-Afrika.
 
Isu lain yang didorong Indonesia untuk dibahas dalam sesi tahunan AALCO tahun ini adalah isu penangkapan ikan ilegal yang diharapkan dapat menjadi perhatian negara Asia-Afrika dan dapat dikategorikan sebagai kejahatan transnasional yang terorganisir.

"Sesi tahunan ini merupakan bukti komitmen kita terhadap visi Asia dan Afrika, bekerja sama untuk masa depan yang lebih baik,” kata Yasonna.
 
AALCO lahir dari pertemuan bersejarah KTT Asia-Afrika yang digelar pada tahun 1955 di Bandung, untuk membicarakan masalah hukum agar memperoleh posisi bersama yang dapat disampaikan pada berbagai pertemuan internasional seperti pertemuan PBB.
 
“Sudah waktunya bagi kita untuk tidak hanya membahas masalah-masalah hukum, namun juga merefleksikan hasil Konferensi Asia-Afrika beserta prinsip-prinsipnya untuk terus memandu upaya kita bersama," kata Yasonna.
Baca juga: Yasonna: Akses dokumentasi-informasi hukum nasional harus dibuka luas
Baca juga: BNPT komitmen terus berbenah usai raih Terbaik 1 JDIHN 2023
Baca juga: Menkumham apresiasi DKI capai 100 persen kelurahan sadar hukum

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023