Karena sesama satu perahu, sesama NU ...
Jakarta (ANTARA) - Bakal calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD menemui Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu, untuk meminta izin dan restu guna melanjutkan perjuangan ahlussunnah wal jamaah pada Pilpres 2024.

"Karena sesama satu perahu, sesama NU (Nahdlatul Ulama), jadi saya bilang Pak Kiai (Ma'ruf Amin) saya ingin meneruskan perjuangan ahlussunnah wal jamaah di bidang ketatanegaraan, di bidang fikih politik Indonesia, yang selama ini sudah dirintis dan dibangun oleh para ulama kita, yang lima tahun terakhir dilakukan oleh Kiai Ma’ruf Amin. Berikutnya, saya akan melanjutkan. Mudah-mudahan," kata Mahfud ditemui di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu.

Ahlussunnah wal jamaah ​​​​​​ merupakan kelompok yang bertekad mengikuti ajaran, sikap, dan perbuatan Nabi Muhammad Saw beserta sahabat-sahabatnya, demi menjaga hubungan antarumat Islam yang rukun dan harmonis.

Baca juga: Mahfud MD surati Jokowi soal jadi bakal cawapres

Dalam pertemuan yang berlangsung di Jakarta, Rabu pagi, sekitar pukul 06.30 WIB, Ma’ruf Amin mendoakan agar Mahfud sebagai sesama warga NU menjaga muruah.

"Dia (Ma'ruf Amin) mendoakan, sebagai sesama warga NU, kata Kiai Ma’ruf Amin, jaga muruah itu. Alhamdulillah saya sudah ketemu beliau," kata Mahfud.

Ma’ruf Amin juga memberikan nasihat kepada Mahfud untuk berhati-hati jika terpilih menjadi wapres.

"Dia memberi nasihat memang. Hati-hati, begitu, memerintah tidak mudah, tantangannya banyak," tambahnya.

Baca juga: Mahfud bantah ada konflik kepentingan terkait bakal cawapres

Sementara itu, di sela-sela kunjungan kerjanya di Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan selamat sekaligus memberikan restu kepada Mahfud MD.

"Ya, dia pamit sama saya dan memberi tahu dia mau dijadikan sebagai (bakal) calon wakil presiden. Mungkin, saya sebagai orang NU yang sudah sepuh, pamitlah (dia) sama saya. Ya, saya bilang, saya sampaikan selamat," kata Ma’ruf Amin.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Rabu, mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Pasangan Ganjar-Mahfud didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, yang dijadwalkan mendaftarkan pasangan tersebut sebagai calon peserta Pilpres 2024 ke KPU RI, Kamis (19/10).

Baca juga: Wapres sampaikan selamat dan restui Mahfud MD jadi bacawapres Ganjar

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023