Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 87 bank dari 120 bank yang dikaji berhasil meraih predikat sangat bagus berdasarkan laporan keuangannya yang dipublikasikan, demikian hasil kajian tahunan Biro Riset InfoBank yang tertuang dalam "Rating 120 Bank versi InfoBank 2013".

"Kajian ini didasarkan pada lima kriteria yaitu permodalan, aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas dan efisiensi," kata Kepala Peneliti Biro Riset InfoBank Ateng Anwar Darmawijaya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Kajian Biro Riset InfoBank membagi perbankan dalam empat kelompok bank umum kegiatan usaha (BUKU), yaitu perbankan dengan modal inti di atas Rp30 triliun, perbankan dengan modal inti Rp5 triliun hingga di bawah Rp30 triliun, perbankan dengan modal inti Rp1 triliun hingga di bawah Rp5 triliun dan perbankan dengan modal inti di bawah Rp1 triliun.

Dari kajian Biro Riset InfoBank, selain 87 bank berpredikat sangat bagus, 26 bank berpredikat bagus, enam bank berpredikat cukup bagus dan satu bank berpredikat tidak bagus.

Empat bank di BUKU 4 (perbankan dengan modal inti di atas Rp30 triliun) semuanya berhasil menyabet predikat sangat bagus.

"Empat bank di BUKU 4 dengan skor berurutan adalah Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia dan Bank Central Asia," ujar Ateng Anwar Darmawijaya.

Begitu juga dengan 11 bank di BUKU 3 (perbankan dengan modal inti Rp5 triliun hingga di bawah Rp30 triliun) yang semua meraih predikat sangat bagus.

"Lima peraih skor tertinggi di BUKU 3 secara berurutan adalah Bank BTPN, Bank CIMB Niaga, Bank Tabungan Negara, PermataBank dan Bank OCBC NISP," kata Ateng.

Sementara itu, dari 35 bank di BUKU 2 (perbankan dengan modal inti Rp1 triliun hingga di bawah Rp5 triliun), ada 29 bank yang mendapatkan predikat sangat bagus.

"Lima peraih skor tertinggi di BUKU 2 secara berurutan adalah Bank BPD Bali, Bank Jateng, Bank Mestika, Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat," tuturnya.

Sedangkan perbankan di BUKU 1 (perbankan dengan modal inti di bawah Rp1 triliun) yang jumlahnya mencapai 60 bank, ada 39 bank dengan predikat sangat bagus dan satu bank dengan predikat tidak bagus.

"Lima peraih skor tertinggi adalah Bank Bengkulu, Bank Sulut, Bank Mega Syariah, PaninBank Syariah dan Bank Bumi Artha," ujar Ateng.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013