Jakarta (ANTARA) -
Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan The 3rd International Seminar of Science and Technology (ISST) yang membahas pemanfaatan sains dan teknologi untuk hidup berkelanjutan.
 
"Ini ISST yang ketiga kalinya digelar, dimana kami concern sesuai dengan program studi yang ada di UT, khususnya FST," ujar Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UT Subekti Nurmawati di Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis.
 
Subekti mengatakan ada tujuh program studi (prodi) di FST yakni Matematika, Statistika, Biologi, Agribisnis, Perencanaan Wilayah Kota, Sistem Informasi, dan Teknologi Pangan.

​​​Menurutnya, pelaksanaan kegiatan tersebut untuk mewadahi dosen dan mahasiswa dari tujuh prodi tersebut atas hasil penelitian dan karya mereka dalam mendukung hidup berkelanjutan.
 
"Jadi ini mengapa FST banyak mengangkat tema tersebut agar mendorong supaya lebih aware terhadap climate change. Memberikan gambaran mengenai upaya yang telah dilakukan, baik lewat tulisan maupun aksi nyata," ujarnya. 

Baca juga: Rektor UT paparkan kemajuan teknologi dalam konferensi AAOU di Turki
Ia berharap hasil karya yang dipresentasikan oleh dosen dan mahasiswa dapat menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi dalam kehidupan manusia.
 
"Contohnya Teknologi Pangan, bagaimana bisa menggali potensi kearifan lokal, apalagi UT tersebar di seluruh penjuru. Bagaimana kita bisa menggali potensi di masyarakat tersebut," katanya. 
 
Sementara itu Ketua Pelaksana ISST 2023 Ernik Yuliana mengatakan seminar secara hibrid dihadiri oleh sekitar 108 pemakalah, dengan 35 diantaranya hadir secara luring dan 73 secara daring.
 
Seminar tersebut juga menampilkan pembicara dari berbagai institusi pendidikan kelas dunia seperti Prof Panuwat Suppakul dari Kasetsart University, Thailand, yang membahas tentang tren kemasan makanan cerdas untuk kehidupan berkelanjutan.
 
ISST juga meluncurkan buku dengan judul “Trends in Science and Technology for Sustainable Living” yang merupakan hasil karya dosen-dosen di FST UT. Buku tersebut terdiri atas 20 judul artikel dengan mengusung berbagai topik sesuai bidang ilmu di FST UT.

Baca juga: UT siapkan 8 prodi baru sambut satu juta mahasiswa pada 2025
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023