Banjarbaru (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan kini memiliki 114 profesor yang bersamaan saat prosesi wisuda ke-114 tahun 2023 yang meluluskan sebanyak 1.300 wisudawan.

"Alhamdulillah, 114 menjadi angka spesial bagi ULM kali ini karena menandai dua momen spesial sekaligus yaitu jumlah guru besar dan angkatan wisuda," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Auditorium ULM di Banjarbaru, Kamis.

Menurut Alim, kehadiran para guru besar di tengah-tengah wisudawan tentu dapat memberikan semangat agar lulusan sarjana dan pascsarjana yang dikukuhkan bisa meniru capaian serupa.

"Karena kami sangat berharap dan mendorong mereka yang sarjana bisa meneruskan studi lanjut ke jenjang lebih tinggi, sehingga tidak berhenti hanya sarjana atau magister," ujarnya.

Baca juga: KLHK ingin daerah bangun ketahanan iklim cegah karhutla berulang

Baca juga: Tim ULM ajarkan pembuat jamu gendong produksi jamu serbuk instan 


Apalagi sang rektor memberikan diskon khusus untuk biaya kuliah bagi lulusan sarjana yang langsung meneruskan ke program pascasarjana dengan harapan semakin meningkat minat alumni meraih gelar akademik tertinggi.

Saat ini ULM memiliki 24 program studi magister dan sembilan program doktor yang bisa menjadi pilihan studi lanjut dengan sebagian berkualitas terakreditasi A dan Unggul.

Adapun 1.300 wisudawan yang dikukuhkan terdiri dari 66 orang Program Diploma, 1.042 orang Program Sarjana, 45 orang Program Pendidikan Profesi, 145 orang Program Magister, satu orang Program Spesialis Kesehatan Anak dan satu orang Program Doktor Ilmu Pertanian.

Rektor menyebut lulusan sarjana ULM yang dilepas hari ini sudah melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga menjadi sarjana tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan tinggi.*

Baca juga: Tim ULM transplantasi lumut, monitoring kualitas udara di Banjarbaru

Baca juga: Guru besar ULM kantongi lima paten riset batang pisang mauli

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023