Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan komitmen Indonesia untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekosistem digital yang tengah berlangsung saat ini guna mengincar potensi ekonomi digital yang diprediksi bisa mencapai 360 miliar dolar AS pada 2030 mendatang.

Angka tersebut berdasarkan laporan SEA e-Conomy 2022 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company di mana nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai 220-360miliar dolar AS pada 2030.

"Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk mengoptimalkan pertumbuhan ekosistem digital lewat berbagai inisiatif, diantaranya meningkatkan kualitas dan memperluas cakupan internet, sebagai prioritas kami," katanya dalam China-Indonesia Executive Tech Summit di Jakarta, Kamis.

Menkominfo menyebut transformasi digital terus berkembang seiring dengan terus meningkatnya akses internet. Hingga saat ini, ada 5,16 miliar pengguna internet, di mana 2,6 miliar diantaranya berada di kawasan Asia Pasifik.

“Lebih dari 212 juta pengguna ada di Indonesia,” imbuh Budi.

Guna mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Tanah Air, pemerintah terus melakukan pembangunan infrastruktur mulai dari hulu dengan membangun akses broadband di darat dan di laut, meluncurkan satelit SATRIA-1 dan membangun BTS 4G di penjuru negeri.

Di sisi hilir, dilakukan dengan mengembangkan infrastruktur pusat data atau data center.

Diketahui, Kemenkominfo tengah menyusun dokumen Peta Jalan Indonesia Digital yang diharapkan bisa menjadi panduan beragam inisiatif transformasi digital Indonesia.

Beberapa kebijakan afirmatif yang sudah berjalan dalam mewujudkan Visi Indonesia Digital 2045 di antaranya terdiri dari percepatan infrastruktur di seluruh wilayah di Indonesia, penguatan literasi digital seluruh masyarakat Indonesia, dan peningkatan kolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Harapannya dengan Visi Indonesia Digital 2045, maka Indonesia bisa menguatkan posisinya sebagai salah satu negara di dunia yang bisa meraih secara optimal peluang dari sektor ekonomi digital.

Secara nasional ekonomi digital di Indonesia dapat berkontribusi penting apalagi mengacu pada proyeksi dari Kementerian Perdagangan RI pada 2030 yang menyebutkan bahwa ekonomi digital akan berkontribusi 18 persen pada PDB senilai Rp4.531 triliun.

Baca juga: BI dorong sinergi otoritas dan industri soal integrasi ekonomi digital

Baca juga: BI: Ekonomi dan keuangan digital jadi kunci pertumbuhan berkelanjutan


 

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023