Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London menggelar acara "Experience Indonesia" di Hotel Radisson Blue Royal di Dublin, pada Kamis (19/10) untuk menyambut perayaan 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Irlandia tahun depan.

Dalam keterangan pers KBRI London pada Jumat, Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya mengatakan bahwa acara tersebut mengawali persiapan perayaan hubungan diplomatik itu.

"Perayaan tersebut tentunya akan dioptimalkan dengan melakukan berbagai inisiatif yang memberi manfaat konkret bagi kedua negara," kata Desra.

Dia menambahkan bahwa Indonesia dan Irlandia perlu mendorong lebih lanjut kegiatan kunjungan misi bisnis untuk meningkatkan kerja sama ekonomi.

“Mari kita dorong kunjungan misi bisnis Irlandia ke Indonesia sesegera mungkin untuk buka jalan untuk kolaborasi lebih luas,” ujarnya.

KBRI London mencatat nilai perdagangan Indonesia-Irlandia pada 2023 mencapai 261,3 juta dolar AS (sekitar Rp4,144 triliun).

Desra juga menyampaikan apresiasinya atas kunjungan kerja Menteri Negara Departemen Transportasi Irlandia Jack Chambers ke Indonesia pada Maret lalu.

Kunjungan itu telah memperkuat komitmen untuk melakukan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pendidikan, ekonomi digital, pariwisata, dan energi terbarukan.

Chambers menilai hubungan antara Indonesia dan Irlandia sangat kuat meskipun dipisahkan oleh jarak geografis yang jauh.

"Kita memiliki hubungan erat dan berbagai peluang, khususnya di sektor usaha dan bisnis serta pendidikan," katanya.

Chambers menjadi tamu kehormatan dalam "Experience Indonesia" yang digelar oleh KBRI London sebagai acara resepsi diplomatik untuk merayakan HUT ke-78 RI tahun ini.

Acara tersebut dihadiri sekitar 200 tamu dari kalangan pemerintah Irlandia, korps diplomatik, kalangan bisnis, akademisi, diaspora Indonesia, dan anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Irlandia.

National Concert Hall Gamelan Orchestra, kelompok gamelan beranggotakan warga Irlandia, membawakan lagu “Ladrang Pangkur” dalam acara itu.

Mereka menggunakan gamelan yang dihadiahkan oleh Sultan Hamengkubuwono X kepada National Concert Hall Dublin.

"Experience Indonesia" di Dublin menutup rangkaian promosi terpadu KBRI London, termasuk "Indonesia Investment Forum 2023" dan "Indonesian Night" di London.

Baca juga: Indonesia Investment Forum 2023 jaring minat investor Inggris
Baca juga: KBRI London tampilkan kehangatan komunitas Indonesia di Pasar Rakyat

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023