Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berhasil memadamkan kebakaran lahan di jalan tol km 99 Desa Rulung Sari, Kecamatan Natar, Jumat.

Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Jumat, membenarkan pihaknya bersama sejumlah personel kepolisian dan masyarakat setempat berhasil memadamkan kebakaran lahan di tol Natar.

"Iya benar pada hari ini Jumat, tanggal 20 Oktober 2023, kami telah memadamkan kebakaran lahan di area tol km 99 Kecamatan Natar, sekitar pukul 16.15 WIB," kata dia.

Baca juga: Kebakaran lahan di Jalan Lintas Sumatera berhasil dipadamkan

Menurut dia, petugas sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering, mengakibatkan lahan mudah terbakar.

"Peristiwa itu terjadi pukul 14.15 WIB, dan kami mendapatkan laporan pukul 14.55 WIB, kemudian tim langsung berangkat menuju lokasi dan tiba pukul 15.20 WIB untuk melakukan pemadaman," katanya.

Ia mengatakan sekitar pukul 16.15 WIB api berhasil dipadamkan dan petugas Damkar terus memantau dan melakukan pendinginan di area kejadian.

"Api dapat dipadamkan pukul 16.15 WIB. Korban nihil dan kerugian belum dapat dipastikan," ucapnya.

Baca juga: Damkar Lampung Selatan padamkan dua titik lokasi kebakaran lahan

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Ia juga mengimbau warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau warga agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok sembarangan karena dapat menyebabkan kebakaran," ujarnya.

Baca juga: Damkar Lampung Selatan berhasil padamkan kebakaran lahan di tol km 54

Untuk diketahui, di Kabupaten Lampung Selatan sering terjadi kebakaran lahan yang disebabkan kelalaian manusia yang membuang puntung rokok sembarangan dan membakar lahan.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023