Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berhasil memadamkan kebakaran lahan di area jalan tol Bakauheni-Terganggi Besar di KM 54 B dan 57 A Kecamatan Tanjung Bintang, pada Sabtu.

"Telah terjadi kebakaran di lahan tol KM 54 B dan 57 A Kecamatan Tanjung Bintang, pada 7 Oktober 2023, pukul 11.15 WIB," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Sabtu.

Ia mengatakan, pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering mengakibatkan mudah terbakar.

"Tim Damkar Posko Tanjung Bintang yang mendapat laporan pukul 11.17 WIB langsung meluncur ke lokasi dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam," kata dia.

Ia menjelaskan, sekitar pukul 12.00 WIB, api berhasil dipadamkan, dan saat ini petugas pemadam kebakaran sedang melakukan pendinginan di area lokasi kejadian.

"Anggota tiba pukul 11.33 WIB dan api dapat dipadamkan pukul 12.00 WIB, untuk korban nihil dan kerugian belum dapat dipastikan," katanya.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," tambahnya.

Baca juga: Petugas masih sisir titik berpotensi timbulkan kebakaran di TNWK

Baca juga: Damkar Lampung Selatan tangani tiga lokasi karhutla seluas 15 hektar

Baca juga: Damkar Lampung Selatan padamkan kebakaran lahan tol di KM 85


 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023