Telah terjadi kebakaran di lahan tol KM 85, Desa Karang sari Kecamatan Jatiagung, pada 21 September 2023, pukul 18.00 WIB
Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan berhasil memadamkan kebakaran lahan di area jalan tol Bakauheni-Terganggi Besar di KM 85, Desa Karang Sari, Kecamatan Jatiagung.

"Telah terjadi kebakaran di lahan tol KM 85, Desa Karang sari Kecamatan Jatiagung, pada 21 September 2023, pukul 18.00 WIB," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Kamis.

Baca juga: BPBD Jatim ingatkan warga risiko kebakaran setelah karhutla Arjuno

Ia mengatakan, pihaknya sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering mengakibatkan mudah terbakar.

"Tim Damkar Posko Jatiagung yang mendapat laporan pukul 18.00 WIB langsung meluncur ke lokasi dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam dari Posko Jatiagung dan Posko Natar," kata dia.

Ia menjelaskan, sekitar pukul 19.50 WIB, api berhasil dipadamkan, dan saat ini petugas damkar sedang melakukan pendinginan di area lokasi kejadian.

"Anggota tiba pukul 18.20 WIB dan api dapat dipadamkan pukul 19.50 WIB, untuk korban nihil dan kerugian belum dapat dipastikan," katanya.

Baca juga: Kepala BNPB minta Kalsel optimalkan satgas darat tanggulangi karhutla

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

"Sumber api sementara diperkirakan dari puntung rokok," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," tambahnya.

Baca juga: TNBTS serahkan proses hukum kasus karhutla Gunung Bromo ke polisi

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023