Sasaran kegiatan ini memang anak-anak dan lansia
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Ratusan pelajar SDN Cicau 02 Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengikuti pemeriksaan mata yang dilaksanakan Lippo Cikarang bekerja sama dengan 'Onesight Essilorluxottica Foundation' dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia.

Kepala SDN Cicau 02 Ata Sukarta menyambut baik kegiatan CSR Lippo Cikarang bersama dengan 'Onesight Essilorluxottica Foundation' yang memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan mata para siswa juga lansia yang berada di sekitar lingkungan sekolah.

"Kami merasa bergembira dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosial dari Lippo dan Essilor ini. Alhamdulillah, siswa serta guru begitu antusias mengikuti pemeriksaan mata tadi," katanya di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan di tengah arus teknologi yang kian pesat, para siswa baik di rumah maupun sekolah begitu rentan mengalami dampak negatif dari pengaruh penggunaan telepon genggam maupun alat elektronik lain terhadap kesehatan mata terutama penurunan fungsi penglihatan.

"Pemeriksaan mata ini sangat membantu untuk memastikan kesehatan mata para siswa, apalagi sekarang kebiasaan bermain handphone atau menonton televisi yang terlalu lama tentu berpengaruh," katanya.

Baca juga: Rohto bagikan kacamata gratis rayakan Hari Penglihatan Sedunia
Baca juga: JEC gelar bakti sosial yang fokus pada penanganan mata juling


Head of Corporate Communication PT Lippo Cikarang Tbk Jeffrey Rawis mengatakan manajemen berharap kegiatan ini dapat meningkatkan antusiasme para murid dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

"Melalui kegiatan kolaborasi dengan pihak 'Onesight EssilorLuxottica Foundation' ini, kami sangat percaya semangat para murid untuk belajar dan berprestasi bakal meningkat," katanya.

Pihaknya berupaya untuk terus berkontribusi dalam kepedulian di bidang kesehatan kepada masyarakat khususnya generasi muda yakni para pelajar yang berada di sekitar kawasan Lippo Cikarang.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat membantu para siswa yang mungkin mengalami gangguan dalam penglihatan seperti minus atau silinder agar dapat membaca lebih jelas lagi," ucap dia.

Sementara itu, HRD Manager Onesight Essilorluxottica Foundation Kristina Rany Novita mengatakan sebanyak 13 petugas refraksionis optisien dilibatkan dalam kegiatan pemeriksaan mata ini.

"Sasaran kegiatan ini memang anak-anak dan lansia untuk dilakukan pemeriksaan mata, target pemeriksaan kita hari ini anak-anak 200 siswa dan untuk lansia 100 orang," katanya.

Siswi kelas 6 SDN Cicau 02 Vera mengaku kegiatan pemeriksaan mata gratis ini memberikan dampak positif salah satunya adalah mengetahui kondisi terkini mata.

"Selama ini ternyata kondisi mata saya minus dua, beruntung tadi ikut diperiksa. Terima kasih juga atas pemberian kacamata, sangat berguna untuk mendukung kelancaran saat saya sekolah," kata dia.

Baca juga: Masyarakat perlu jaga kesehatan mata di tempat kerja
Baca juga: Kemenkes: Kesehatan mata berpengaruh terhadap produktivitas masyarakat
Baca juga: Kemenkes minta perusahaan untuk perhatikan kesehatan mata para pekerja

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023