Ajang seperti ini tentu baik untuk sektor pertanian, tetapi kita harap tidak hanya berhenti di situ saja, harus ada kelanjutannya, bukan hanya untuk perdagangan, tetapi juga untuk petani kita sendiri
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin berharap Karo Agro Expo yang diselenggarakan Kabupaten Karo dapat meningkatkan sektor pertanian di wilayah itu.

"Saya pribadi senang dengan event seperti ini, tentu kita akan memberikan dukungan penuh agar acara ini terlaksana dengan baik,” ujar Hassanudin saat menerima audiensi Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dan jajaran, di Medan, Sabtu.

Hassanudin juga berharap Karo Agro Expo dapat menjadi ajang yang berkelanjutan sehingga masyarakat khususnya para petani dapat merasakan manfaatkan ajang tersebut.

"Ajang seperti ini tentu baik untuk sektor pertanian, tetapi kita harap tidak hanya berhenti di situ saja, harus ada kelanjutannya, bukan hanya untuk perdagangan, tetapi juga untuk petani kita sendiri," kata Hassanudin.

Sementara itu, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan Karo Agro Expo akan diselenggarakan mulai 23 hingga 25 Oktober 2023 di Hotel Sibayak Internasional, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut telah mengundang pembeli dari Amerika, Tiongkok, Belanda, Singapura, Korea, Malaysia dan Thailand.

“Ada beberapa negara kita undang dan mereka semua buyer, kita harap pasar hasil pertanian Karo semakin luas sehingga kesejahteraan petani semakin baik,” kata Cory Sriwaty Sebayang.

Cory menuturkan akan memperkenalkan berbagai teknologi pertanian kepada petani di Karo. Sehingga, petani-petani bisa mengurangi biaya produksi dengan hasil yang lebih besar.

“Kita juga akan memperkenalkan teknologi pertanian kepada petani kita di sana, teknologi yang mampu menghemat tenaga, cost dan hasil yang lebih besar,” kata Cory.

Selain pameran hasil pertanian, kata dia, kegiatan ini juga mengadakan seminar untuk mengedukasi petani-petani di Sumut, antara lain pembuatan pupuk organik, penggunaan media tanam arang aktif dan lainnya.

"Sehingga petani juga mengerti pentingnya menjaga kualitas tanaman mereka," katanya.

Baca juga: Pemkab Karo apresiasi Kemenparekraf kembangkan wisata gunung

Baca juga: Pemkab Karo mendukung jalan alternatif Medan-Berastagi selesai 2024

Baca juga: Pemkab Karo catat pengunjung festival bunga-buah mencapai 65.000 orang

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023