Jakarta (ANTARA) -
Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta bernama Irene Tanihaha berhasil meraih ​​​​​​rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) berkat aplikasi kesehatan dan kebugaran yang dinamai "Habuds".
 
“Saya sangat antusias dan senang dapat meraih rekor MURI dengan kategori ‘Perempuan Termuda Penggagas Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran’, terinspirasi dari Ibu saya yang senang berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh serta melihat maraknya aplikasi teknologi kebugaran saat ini, " kata Irene dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Remaja yang berusia 17 tahun ini menjelaskan meski baru dirilis, "Habuds" memiliki fitur lengkap untuk mendeteksi aktivitas fisik yang dilakukan oleh penggunanya.
 
"Mulai 'walk', 'running', 'cycling' dan 'sleep'. Saya ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat," katanya.

Baca juga: Siswa SWA lestarikan bahasa Jawa melalui aplikasi Siji
 
Siswa Kelas 11 di Jakarta Intercultural School (JIS) ini ingin memotivasi orang-orang untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.
 
"Saya mencari cara untuk melibatkan audiens, seperti diri saya sendiri yang merasa kesulitan untuk berolahraga setiap hari," katanya.

Karena itu, daripada mengembangkan aplikasi pelacakan kebugaran standar, dia menggabungkan pendekatan gamifikasi untuk menginspirasi pengguna untuk mengejar kehidupan yang lebih sehat.

Irene menambahkan, visinya menjadi nyata dengan aplikasi pelacakan kebugarannya, "Habuds". "Habuds" adalah aplikasi multiguna yang bertujuan untuk meningkatkan gaya hidup sehari-hari dengan memberdayakan masyarakat untuk hidup lebih sehat dan produktif.

Baca juga: Siswa SMA perkenalkan aplikasi untuk bantuan bencana
 
Penampakan tampilan aplikasi kesehatan Habuds (ANTARA/HO-Habuds
"Aplikasi ini dirancang secara unik untuk melayani secara khusus bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Selain itu mendorong masyarakat Indonesia untuk membangun kebiasaan sehat melalui fitur-fitur media sosial, pedometer, pelacak asupan air dan masih banyak lagi.
 
Irene juga merasa bangga atas peluncuran aplikasi ini dan berharap aplikasi yang diciptakannya ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.
 
“Saya sangat bahagia dan bangga gagasan saya diapresiasi dan mendapatkan rekor bergengsi MURI. Tentu ini menjadi prestasi tertinggi saya dan menjadi penyemangat ke depannya untuk dapat berkontribusi bagi masyarakat," katanya.
Baca juga: ASIA luncurkan aplikasi "RuangOrtu"

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023