Jakarta (ANTARA) - Mahaka Gaming Integra (MAGI) menyelenggarakan turnamen bertajuk International Female Legends (IFL) 2023, sebuah turnamen esports khusus untuk wanita untuk memberikan wadah yang aman dan nyaman bagi para gamers amatir dalam mengejar karir dalam dunia esports.

Melansir dari keterangan resmi MAGI, Minggu, IFL 2023 merupakan acara yang didukung oleh Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) dan diselenggarakan sebagai bentuk kontribusi dalam mengkampanyekan kesetaraan gender dalam ekosistem esports Tanah Air.

“Wanita memiliki kesempatan yang setara untuk mengaktualisasi diri, meningkatkan kompetensi, dan berprestasi melalui esports. IFL 2023 kami harapkan menjadi salah satu pilar yang memperkokoh kontribusi wanita dalam menyokong kemajuan esports di dalam dan luar negeri,” kata Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo.

Baca juga: Bigetron Era menang di Piala Presiden Esports 2023

Berkolaborasi dengan Garena, seri pertama kegiatan IFL 2023 ini akan memainkan gim Free Fire dengan memperebutkan total hadiah senilai Rp500 juta.

“IFL merupakan upaya kami untuk menciptakan perubahan signifikan di dunia esports di Tanah Air. Tagar #RespectHerGame menjadi tema utama IFL kali ini dengan harapan untuk memberikan apresiasi yang layak dan menginspirasi wanita untuk berpartisipasi aktif dalam dunia esports," kata CEO MAGI Waizly Darwin.

Dengan berlangsungnya IFL 2023 Free Fire Series, Garena berharap turnamen tersebut menjadi salah satu wadah bagi atlet esports wanita untuk terus berkembang melalui ekosistem turnamen.

"Garena mendukung IFL 2023 Free Fire sebagai wadah bagi atlet esports wanita untuk saling terhubung dan terus berkembang. Lebih dari kompetisi, turnamen ini memberi kesempatan bagi para pemain untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekosistem esports di tanah air,” kata Country Head Garena Indonesia Hans Saleh.

Baca juga: PB ESI apresiasi Piala Presiden Esports 2023 perlombakan dua gim lokal

IFL 2023 akan membuka audisi yang diselenggarakan di 12 kota. Turnamen itu juga akan terbagi ke dalam lima tahap yaitu tahap audisi, development battle, draft pick, pro final, dan grand pro final.

Berikut tahapan turnamen IFL 2023:
1. Tahap Audisi (21 Oktober-12 November 2023) diselenggarakan di 12 kota: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, Pontianak, Medan, dan Palembang).

2. Tahap Development Battle (16-20 November 2023) yang akan mempertandingkan 12 tim dari 12 kota.

3. Tahap Draft Pick (25 November 2023) di mana untuk kali pertama di dunia esports tanah air, pemain amatir terbaik dari 12 kota akan direkrut oleh tim esports profesional yang berlaga di IFL Pro

4. Tahap IFL Pro Final (4-13 Desember 2023) tim profesional asal Indonesia akan diundang untuk bertanding secara daring dan memperebutkan sembilan posisi teratas.

5. Tahap IFL Grand Pro Final (16-17 Desember 2023) sembilan tim profesional terbaik asal Indonesia dan tiga tim internasional akan berkompetisi untuk menjadi juara di Mahaka Square, Kelapa Gading.​​

Baca juga: 12 tim beradu pada seri ketiga Liga 1 Esport Nasional 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023