Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengukuhkan Pengurus Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) periode 2023-2028 yang diharapkan dapat menguatkan kinerja hubungan masyarakat (humas) pemerintah dalam pelayanan publik berkualitas. 

Ia mengapresiasi keberadaan Bakohumas sejauh ini karena telah mewadahi para humas pemerintah untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menjalankan fungsinya sebagai komunikator publik.

"Keberadaan Bakohumas berperan penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, apresiasi tinggi perlu diberikan pada konsistensi Bakohumas dalam menyebarkan informasi publik," kata Budi di Jakarta Selatan, Senin.

Baca juga: MPR: Bakohumas forum penting lakukan diseminasi dan agenda kenegaraan

Meski begitu Budi mengingatkan para humas pemerintah tetap harus meningkatkan kinerjanya sesuai dengan perkembangan di era digital.

Ia mengatakan humas pemerintah harus memiliki dua sikap yaitu mampu beradaptasi dan juga dapat tangkas di segala situasi agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dalam penyediaan informasi publik yang objektif.

“Kemampuan beradaptasi dan ketangkasan menjadi kunci bagi insan humas untuk memperkuat peran kehumasan pemerintah di era digital, utamanya sebagai instrumen utama dalam kebijakan publik dan layanan masyarakat, serta sebagai pilar pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel,” katanya.
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengukuhkan pengurus Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) periode 2023-2028 dengan pemasangan pin di Jakarta, Senin (23/10/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)


Baca juga: Kominfo gandeng pemda untuk tingkatkan kepercayaan masyarakat

Dengan pengukuhan pengurus Bakohumas 2023-2028 dan penyusunan program komunikasinya di 2024, Budi berharap agar program-program prioritas nasional yang telah ditetapkan bisa semakin dikenal oleh khalayak luas.

Ia mencontohkan dua program prioritas yang perlu mendapatkan perhatian khusus ialah seperti pengenalan pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta amplifikasi kampanye Pemilu Damai 2024.

Harapannya dengan komunikasi publik yang tepat, maka masyarakat dapat memiliki pemahaman, berperan aktif mendukung dan menyukseskan program-program tersebut.

"Saya berharap, pengukuhan ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik pemerintah, demi kemajuan bangsa dan negara," begitu Menteri Budi berharap. 

Dalam pengukuhan pengurus Bakohumas Periode 2023-2028, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Media Massa Widodo Muktiyo, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Teknologi Mochamad Hadiyana, serta Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Wijaya Kusumawardhana.

Baca juga: Ketua MPR: Tugas humas sampaikan capaian keberhasilan pemerintah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023