Rute ini sempat dinonaktifkan pada akhir 2022 karena infrastruktur yang dilalui belum mendukung mobilisasi menggunakan bus.....
Jakarta (ANTARA) - Perum Damri kembali membuka rute Pontianak - Ketapang di Kalimantan Barat, mulai 13 Oktober 2023 yang semula sempat ditutup.

"Rute ini sempat dinonaktifkan pada akhir 2022 karena infrastruktur yang dilalui belum mendukung mobilisasi menggunakan bus. Terlebih menjadi tantangan bagi Damri saat melayani ketika musim hujan karena jalanan terendam oleh air," kata Plt Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, layanan rute Pontianak- Ketapang beroperasi tiga kali di tiap pekan dengan tarif yang berlaku sebesar Rp280.000.

Baca juga: Pj Gubernur Jabar: Bus Damri percepat akses ke Bandara Kertajati

Dengan diaktifkannya kembali rute tersebut, Damri berharap akan memberikan angin segar bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Hal itu lantaran pengaktifan rute Pontianak - Ketapang didasarkan pada potensi penumpang yang tinggi antara Pontianak dan Kupang.

Rute ini berpotensi tinggi karena dukungan mobilisasi dari dan menuju Ibu kota yang identik dengan khatulistiwa.

"Dampak lain yang dapat dirasakan, yaitu memberikan alternatif opsi perjalanan sehingga mobilitas masyarakat dapat mudah dijangkau dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: Damri layani 2.366 penumpang selama gelaran MotoGP Mandalika 2023

Berikut detail operasional yang perlu diketahui pelanggan:
Pontianak – Ketapang
Jadwal keberangkatan tersedia setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 08.00 WIB dari Terminal ALBN Ambawang.

Ketapang – Pontianak
Jadwal keberangkatan tersedia setiap Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 08.00 WIB dari Terminal Pangeran Giri Kusuma.

Ia menambahkan, pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dengan rute Pontianak - Ketapang atau rute sebaliknya dapat melakukan pemesanan tiket melalui nomor WhatsApp 0812-5420-6001.

Selain itu, juga menyediakan jasa pengiriman paket yang dapat dimanfaatkan pelanggan.

"Damri berupaya selalu mengutamakan excellent service dan perjalanan yang aman bagi pelanggan," katanya.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023