Itu menjadi perhatian kami sebagai bagian dari pelayanan publik
Medan (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional I Belawan fokus membenahi Terminal Penumpang Bandar Deli di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, untuk menyambut masa puncak liburan (peak season) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Itu menjadi perhatian kami sebagai bagian dari pelayanan publik," ujar General Manager PT Pelindo Regional I Belawan Jonedi Ramli di Medan, Senin.

Jonedi melanjutkan, proses perbaikan dan peningkatan fasilitas di Terminal Penumpang Bandar Deli sudah dilakukan sejak April 2023.

Beberapa hal yang ditambahkan ke Terminal Bandar Deli, dia menambahkan, seperti ruang kantin dan tempat berpenyejuk udara (AC).

"Kami menambahkan AC di ruangan yang sebelumnya tidak memilikinya. Kemudian kami juga membuat lokasi parkir yang lebih baik," kata Jonedi.

Selain itu, guna semakin mempertajam persiapan, Pelindo Regional I Belawan juga melakukan evaluasi atas kekurangan-kekurangan yang terjadi pada masa "peak season" sebelumnya.

Namun, Jonedi menyebut sejatinya tidak terlalu banyak kekurangan yang mesti dibenahi. "Masalahnya relatif kecil misalnya soal SOP (prosedur operasi standar)," kata dia.

Menjelang tibanya bulan November 2023, para pemangku kepentingan di Pelabuhan Belawan, Medan, terus melakukan persiapan untuk menghadapi potensi kepadatan penumpang angkutan laut pada masa "peak season" Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selain Pelindo, salah satu pihak lain yang juga berbenah adalah PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Medan.

Pelni Medan mempererat komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Belawan, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Polri dan TNI agar para penumpang nyaman baik saat tiba maupun berangkat dari Pelabuhan Belawan.

Untuk mengantisipasi ramainya penumpang, PT Pelni Cabang Medan mengajukan masa puncak libur (peak season) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai H-15 Natal hingga 31 Januari 2024 kepada kantor pusat mereka.

Pengajuan itu dilakukan karena berdasarkan data akhir tahun 2022 sampai awal 2023, penumpang KM Kelud dari Belawan masih ramai sampai akhir Januari 2023.

Baca juga: Pelindo Belawan incar 6.000 truk terdaftar STID mulai Januari 2024
Baca juga: Pelindo Belawan: Kemitraan dengan UEA tumbuhkan volume kargo

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023