Salah satu program yang terus kita gencarkan untuk memenuhi hak dasar anak atas informasi dan ruang partisipasi yang layak anak yakni PISA dan Forum Anak
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) berupaya memastikan pemenuhan hak dasar anak atas informasi dan ruang partisipasi yang layak anak melalui Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) dan Forum Anak.

"Salah satu program yang terus kita gencarkan untuk memenuhi hak dasar anak atas informasi dan ruang partisipasi yang layak anak yakni PISA dan Forum Anak," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam keterangan di Jakarta, Senin.

PISA merupakan jantung dalam dunia pengetahuan anak. PISA menjadi pusat taman bacaan, tempat mendengarkan dongeng, berlomba dalam bercerita, hingga tempat bermain anak untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Baca juga: KPPPA sosialisasi standarisasi PISA penuhi hak informasi layak anak

Sementara Forum Anak merupakan wadah bagi anak-anak untuk dapat menyampaikan aspirasi, gagasan, ide, serta kegelisahan dalam proses-proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Menteri Bintang Puspayoga menyampaikan di era teknologi informasi yang begitu pesat seperti sekarang, anak-anak memiliki akses yang semakin luas terhadap berbagai bentuk informasi melalui perangkat digital yang mereka gunakan. Hal itu juga membawa ancaman yang serius bagi anak-anak.

Berbagai data dan penelitian menunjukkan bahwa hampir semua anak dan remaja rentan terhadap paparan predator online, cyberbullying, eksploitasi, pelecehan, hingga rentan terpapar pandangan radikal.

Baca juga: KPPPA: SDM PISA harus mampu olah informasi layak anak

"Anak-anak adalah ujung tombak yang menentukan kelangsungan serta kesuksesan Indonesia di masa depan. Memastikan anak menerima informasi yang layak dengan mudah dan cepat, serta sesuai dengan usianya merupakan amanat dari Undang-Undang tentang Perlindungan Anak," kata Bintang Puspayoga.

Terkait hal ini Menteri Bintang Puspayoga pun mendorong penguatan Provinsi Layak Anak melalui peningkatan koordinasi dan sinkronisasi upaya pemenuhan hak anak, khususnya hak atas informasi layak anak dan partisipasi anak di seluruh kabupaten/kota.

"Dalam memastikan kedua program (PISA dan Forum Anak) ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat sebagaimana yang kita harapkan, kerja-kerja kolaborasi perlu terus kita gaungkan," kata Menteri Bintang Puspayoga.

Baca juga: Anak berhak memperoleh informasi yang layak, sebut KPPPA
Baca juga: KPPPA: Tersedia informasi layak anak indikator Kabupaten Layak Anak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023