Kami berkomitmen untuk membantu menyukseskan Pemilu 2024
Medan (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional I Belawan siap untuk berkontribusi dalam upaya melancarkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang rangkaiannya dimulai pada Februari 2024.

"Kami berkomitmen untuk membantu menyukseskan Pemilu 2024," ujar General Manager Pelindo Regional I Belawan Jonedi Ramli di Medan, Senin.

Jonedi melanjutkan, salah satu hal yang akan dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan fokus melayani kedatangan dan distribusi logistik Pemilu 2024 yang dikirim menggunakan kapal peti kemas.

Dia memastikan bahwa logistik Pemilu 2024 yang masuk dan keluar dari Terminal Peti Kemas Belawan tidak akan disentuh oleh orang-orang yang tidak berwenang.

Pembongkaran logistik yang tiba di Belawan, Jonedi melanjutkan, nantinya akan diawasi oleh pihak kepolisian.

"Di dalam pelabuhan sudah ada aturan yang harus dipatuhi. Namun, pihak yang terdepan dalam melakukan pengawasan adalah kepolisian," kata dia.

Terkait pengamanan Pemilu 2024, Pelindo Regional I Belawan juga telah bekerja sama dengan Polres Pelabuhan Belawan untuk melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), yang menjadi bagian dari persiapan pengamanan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024, pada 16 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Parkir Kantor Pelindo Regional I Belawan tersebut diikuti instansi dan pihak terkait termasuk pemerintah, kepolisian, TNI, perwakilan otoritas pelabuhan, Satpol PP dan lain-lain.

Selain itu, Pelindo Regional I Belawan juga ikut melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait Pemilu 2024.

"Misalnya kami membuat spanduk. Itu pun nanti kami berkoordinasi dengan kepolisian kemarin supaya dapat mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan," tutur Jonedi. Pemilihan umum (pemilu) dilakukan dua kali pada tahun 2024, yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota pada 14 Februari serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota serentak 27 November.

Baca juga: Pelindo Belawan fokus benahi Bandar Deli sambut Natal-Tahun Baru
Baca juga: Bea Cukai Belawan Musnahkan Beragam Barang Ilegal Eks Penindakan


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023