Medan (ANTARA) - Ketua Harian Indonesia Offroad Federation (IOF) Bobby Nasution meminta Pengurus Daerah IOF Sumatera Utara (Sumut) agar membentuk relawan kebencanaan.

"Perlu dibuat semacam relawan kebencanaan. Bahkan kalau bisa, IOF Sumut menjadi contoh bagi daerah lain," ucap Bobby yang juga Wali Kota Medan, di Medan, Sumut, Senin.

Menurut dia, para pengurus dan anggota IOC Sumut akan dibekali secara khusus untuk menjadi relawan kebencanaan sehingga nanti siap diterjunkan.

Baca juga: Bobby Nasution ditunjuk jadi Ketua Harian Indonesia Offroad Federation

Dengan demikian, kata dia, kehadiran IOF Sumut dapat membantu tugas pemerintah daerah apabila terjadi bencana.

"Relawan kebencanaan ini dapat diterjunkan untuk membantu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam penanganan bencana," katanya.

Ia mengharapkan IOF Sumut yang pertama kali menggelar pelatihan relawan kebencanaan dengan seluruh pengurus dan anggota mengikuti pelatihan mitigasi bencana.

Bobby juga menyampaikan bahwa IOF Sumut dapat berkolaborasi dan berjalan beriringan dengan berbagai pemangku kepentingan, sehingga kolaborasi dan komunikasi secara internal maupun eksternal terjalin.

Baca juga: Pengda IoF Sumbar siap berkolaborasi untuk kemanusiaan dan pariwisata

Dengan dibentuknya relawan kebencanaan, kata dia, diharapkan IOF Sumut minimal dapat menginspirasi dan mengedukasi peran yang dijalankan seorang relawan.

"Kita mengetahui kalau Sumut ini memiliki potensi alam, maka berbanding lurus dengan potensi kebencanaannya," kata Bobby.

Ia mengatakan, apabila relawan kebencanaan IOF Sumut terbentuk, maka akan turut membantu para anggota ketika sedang berada di lokasi offroad.

"Saat kita berada di dalam hutan, maka perlu juga membekali diri dan organisasi dengan ketanggapan akan potensi bencana," tutur Bobby.

Baca juga: Satgas Bencana Pasaman Barat salurkan bantuan pakai mobil offroad

Ketua Harian IOF Bobby Nasution telah mengukuhkan pengurus IOF Sumut periode 2022-2026, yang diketuai Riza Bastaman Matondang di Medan, Sumut, Ahad (22/10) malam.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023