Ini untuk menjaga saling percaya
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengharapkan pemeriksaan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri oleh penyidik Polri dilakukan secara profesional dan transparan.

"Ini untuk menjaga saling percaya atau 'trust' KPK dan Polri. Kami menyambut baik Ketua KPK diperiksa di Badan Reserse Kriminal Polri," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Edi mengatakanh penanganan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK harus hati-hati karena bisa menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta itu mengatakan sejauh ini penanganan terhadap kasus pemerasan ini dilakukan secara profesional

"Kami yakin penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya yang didukung Badan Reserse Kriminal Polri telah profesional," kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional tersebut.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pemeriksaan Firli akan dilakukan oleh tim gabungan penyidik Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa menyebutkan meski diperiksa tim gabungan di Bareskrim namun penanganan perkara tetap ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Pemeriksaan hari ini merupakan panggilan kedua kepada Firli, setelah sebelumnya Ketua KPK itu tidak hadir pemeriksaan Jumat (20/10).

Hingga kini, Polda Metro Jaya belum menetapkan tersangka dalam perkara itu, namun telah memeriksa puluhan saksi termasuk Syahrul Yasin Limpo, ajudan Firli dan sejumlah mantan pimpinan KPK.
Baca juga: Polda Metro Jaya sebut Ketua KPK jalani pemeriksaan di Bareskrim Polri
Baca juga: Firli Bahuri akan diperiksa tim gabungan di Bareskrim Polri
Baca juga: Eks penyidik KPK nilai wajar permintaan Firli diperiksa di Bareskrim

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023