Penting bisa mengalahkan Rusia...dan yang terpenting kami unggul tiga poin
Lisabon (ANTARA News) - Gol di awal pertandingan dari Helder Postiga memberi kemenangan Portugal 1-0 di kandang melawan Rusia di stadion Luz, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia, Jumat, dan sekaligus menjadikan tim itu memimpin klasemen Grup F.

Postiga mencetak gol pada menit kesembilan setelah mendapat umpan tendangan bebas dari Miguel Veloso dari sisi kiri lapangan.

Dengan kemenangan itu kini Portugal naik ke posisi teratas dengan keunggulan tiga poin atas Israel yang menempati posisi ketiga dan dua poin atas Rusia yang masih menjadi favorit memenangi grup dengan masih menyisakan dua pertandingan.

Pelatih Paulo Bento yang membawa Portugal ke semifinal Euro 2012 mengatakan masih ada banyak pekerjaan di depan.

"Ini hasil yang menuntut kami untuk terus berjuang untuk mencetak gol," katanya seperti dikutip Reuters.

"Penting bisa mengalahkan Rusia...dan yang terpenting kami unggul tiga poin," tambahnya.

Pada kualifikasi Euro 2012, Portugal melaju dengan mengalahkan Bosnia dalam playoff.

Dalam pertandingan melawan Rusia itu, Portugal bermain ngotot di depan 55.000 penonton karena mereka butuh satu kemenangan.

Kapten Cristiano Ronaldo beberapa kali memiliki peluang mencetak gol, namun semuanya gagal.

Sebelum setengah jam dari pertandingan, pemain itu memiliki peluang mencetak gol bagus, namun gagal menyambut bola umpan silang dari pemain sayap Wolfsburg Vieirinha.

Rusia juga memiliki peluang mencetak gol pada menit ke-30, namun juga gagal memanfaatkannya.

Tim itu hampir mendapatkan gol, ketika bola umpan panjang jatuh ke kaki Aleksandr Kerzhakov namun tembakannya gagal membuahkan gol.

Bento memuji permainan bek tengah portugal yang bermain untuk Zenit St Petersburg Louis Neto yang turun bertanding menyusul absennya Pepe.

(A020) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013