ini menandakan masyarakat antusias menggunakan aplikasi My Pertamina dalam bertransaksi pengisian bahan bakar minyak
Pati (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah mencatat nilai transaksi penggunaan aplikasi MyPertamina di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setiap bulan mencapai Rp26,6 miliar.

"Data tersebut merupakan data per September 2023. Hal ini menandakan masyarakat antusias menggunakan aplikasi My Pertamina dalam bertransaksi pengisian bahan bakar minyak (BBM)," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti di Pati, Jawa Tengah, Selasa.

Sementara jumlah pengguna aplikasi yang terdaftar, kara dia, hingga September 2023 mencapai 2,48 juta di Jateng dan DIY. Sedangkan data transaksi rata-rata bulanan mencapai 211.391 transaksi.

Bahkan, kata dia, penggunaan aplikasi MyPertamina di Jateng dan DIY merupakan salah satu wilayah yang tertinggi, dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga komitmen dukung upaya transisi energi

Baca juga: Pertamina Patra Niaga: UMKM binaan turut sumbang perekonomian Lombok


Hal itu, imbuh dia, salah satunya ditunjang penguasaan teknologi dan sarana fasilitas teknologi juga lebih baik karena mudah digunakan.

"Termasuk barang subsidi, wajib menggunakan aplikasi subsidi tepat, baik untuk pembelian Solar, Pertalite dan elpiji," ujarnya.

Ia mengakui secara persentase cukup baik dibandingkan provinsi lain. Kalau untuk pembelian BBM jenis solar sudah 100 persen menggunakan aplikasi, untuk Pertalite karena masih menunggu aturan dari pusat proaktif penggunaan belum 100 persen.

Akan tetapi, imbuh dia, semua penggunanya sudah dicatat, baik menggunakan kode QR (Quick Response Code) maupun dicatat secara manual.

"Untuk elpiji juga sedang menuju 100 persen, karena per 1 Januari 2024 harus menggunakan aplikasi. Target kami, mendorong dan mengejar sebelum awal tahun sudah menggunakan aplikasi subsidi tepat," ujarnya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga raih empat penghargaan di ajang MECA 2023

Baca juga: Subholding Pertamina bersinergi bangun pipa minyak Pengapon-Boyolali

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023