Malam ini (Taufiq Kiemas) akan disemayamkan di KBRI,
Batam (ANTARA News) - Bagian Penerangan Kedutaan Besar Indonesia untuk Singapura, Simon, mengatakann jenazah Ketua MPR Taufiq Kiemas disemayamkan di kantor Kedutaan, Sabtu.

"Malam ini (Taufiq Kiemas) akan disemayamkan di KBRI," kata Simon kepada Antara.

Saat berita ini diturunkan, jenazah Taufiq sudah tiba di kantor KBRI dari General Hospital Singapura.

Simon mengatakan jenazah Taufiq akan diterbangkan ke Jakarta sekitar pukul 09.00 waktu Singapura.

Taufiq Kiemas meninggal dalam perawatan di General Hospital Singapura, Sabtu sekitar pukul 19.00 Waktu Singapura.

Di Jakarta, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengagendakan rapat koordinasi untuk membahas penyambutan dan pemakaman jenazah Ketua MPR Taufiq Kiemas.

"Presiden sudah menginstruksikan menteri terkait termasuk saya untuk rapat pukul 21.00 untuk membahas penyambutan jenazah besok pagi hingga pemakaman," kata Djoko Suyanto.

Djoko mengatakan Presiden terus mengikuti perkembangan kesehatan Taufiq Kiemas sejak dikabarkan berobat ke Singapura. Bahkan, kata dia, Presiden terus mengikuti perkembangan dari jam ke jam. Karena itu, begitu mendengar kabar politisi senior PDI Perjuangan itu meninggal dunia, Presiden segera menginstruksikan rapat koordinasi.

Menurut Djoko, dia sudah menginstruksikan TNI Angkatan Udara untuk menyiapkan pesawat guna membawa pulang jenazah Taufiq Kiemas ke tanah air.

"Pemerintah sudah menyiapkan apa saja yang diperlukan," ujarnya.(*)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013