Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari Tingkat Nasional kepada RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, penyerahan penghargaan Proklim salah satu bentuk apresiasi atas aksi nyata masyarakat Indonesia dalam berkontribusi menurunkan emisi gas rumah kaca dan mendorong terwujud ketahanan iklim di berbagai bidang kehidupan tingkat tapak.

"Proklim ini menjadi bagian dari komitmen dan kontribusi Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global, khususnya peran dari masyarakat umum secara luas, sebagaimana tertuang dalam Glasgow Climate Pact," kata Siti Nurbaya di Jakarta pada Selasa.
 
Melalui aksi mitigasi dan adaptasi dalam Proklim, menurut dia, masyarakat telah bersama-sama dengan pemerintah, dunia usaha, akademisi, aktivis, serta berbagai pemangku kepentingan, melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan kehidupan bumi dari ancaman perubahan iklim.

Kemenangan tersebut langsung disambut gembira oleh Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma yang menghadiri acara Penganugerahan Proklim 2023 sekaligus Peresmian Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon (RKKIK) di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Senayan.

"Alhamdulillah, hari ini RW 06 Kelurahan Kebon Kosong mendapatkan penghargaan Predikat Proklim Lestari Tingkat Nasional yang sebelumnya diraih RW 03 Kelurahan Cempaka Timur," kata Dhany di Jakarta, Selasa.
 
Dhany mengatakan akan mempersiapkan semua RW se-Jakarta Pusat untuk dibenahi agar bisa bersaing secara nasional. Persiapan akan dimulai secara berjenjang mulai dari tingkat Madya, Utama, dan Lestari.

"Insya Allah kita akan siapkan secara berjenjang. Ada yang Madya, Utama, dan Lestari. Kita sudah ada yang Utama, tinggal kita tingkatkan lagi menjadi Lestari," ujarnya.
 
Menurut Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, terdapat 47 kampung di DKI Jakarta yang memperoleh apresiasi Program Kampung Iklim dari berbagai kategori dan jenis penghargaan.

RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat menerima trofi Proklim Lestari bersama RW 03, Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan.
 
Sedangkan penerima trofi Proklim Utama adalah RW 05 Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Sementara itu, pada tahun ini, penghargaan Proklim Lestari diberikan kepada 26 Kampung Iklim, penghargaan Proklim Utama kepada 55 Kampung Iklim, dan sertifikat Proklim kepada 442 Kampung Iklim.

Baca juga: Pemkab Magelang raih penghargaan proklim enam kali

Baca juga: KLHK berikan penghargaan Program Kampung Iklim 2023

Baca juga: Mahasiswa Rusia kunjungi Kampung Iklim Tanah Abang


 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023