Sikap santun dan hangat membuat cara komunikasi dan diplomasinya tidak konfrontatif tetapi tegas dalam hal prinsip,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menilai, sebagai seorang nasionalis, mantan Ketua MPR RI, Taufiq Kiemas aktif menyebarkan pemikiran Bung Karno.

"Yang kemudian terealisasi dalam bentuk program sosialisasi 4 pilar bangsa yang dilakukan oleh MPR RI," kata Viva Yoga di Jakarta, Minggu.

Oleh karenanya, kita berkewajiban meneruskan spirit Taufiq Kiemas, terutama untuk menyebarkan dan meneguhkan kembali ajaran-ajaran Bung Karno, founding father.

"Terutama tentang Nasionalisme Indonesia, Pancasila, dan cita-cita untuk mewujudkan Tri sakti, yaitu mewujudkan Indonesia Baru yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian secara kebudayaan," ujar anggota Komisi IV DPR RI itu.

Dimatanya, Taufiq Kiemas adalah figur sederhana, penuh perhatian, peduli, dan tidak berjarak terutama kepada para aktivis mahasiswa/ gerakan.

"Sikap santun dan hangat membuat cara komunikasi dan diplomasinya tidak konfrontatif tetapi tegas dalam hal prinsip," sambung dia.

Viva juga mereview kembali apa yang pernah diceritakan Taufiq Kiemas kepada dirinya. Keluarga Taufiq Kiemas adalah Masyumi.

"Dalam cerita almarhum, setelah lulus SMA, almarhum dinasehati ayahnya jika nanti sudah kuliah agar masuk organisasi ekstra kampus, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Setelah masuk kampus justru almarhum masuk GMNI. Hal ini justru terbalik dengan pendiri HMI, Prof Lafran Pane (alm.) yang berasal dari keluarga nasionalis (PNI) tetapi mendirikan HMI," cerita Viva.

Politisi PAN itu menuturkan, perkenalan awal dirinya dengan Taufiq Kiemas melalui ayah angkatnya, Dahlan Ranuwihardjo, mantan Ketua Umum PB HMI 1951--1953. Viva diajak menghadiri suatu acara yang juga dihadiri Taufiq Kiemas. (zul) 

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013