Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town, Afrika Selatan, mendukung pemasaran produk-produk Indonesia ke negara tersebut guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, salah satu kebijakan dalam diplomasi ekonomi Indonesia adalah mengeksplor dan mengoptimalkan pasar-pasar nontradisional termasuk Afrika," kata Konjen RI untuk Afsel Tudiono, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam upaya melaksanakan diplomasi ekonomi Indonesia tersebut, KJRI Cape Town, kata Tudiono, secara aktif memberikan dukungan dengan melakukan promosi produk Indonesia.

KJRI juga berupaya mempertemukan perusahaan strategis Indonesia di wilayah kerja KJRI Cape Town guna meningkatkan pemasaran produk Indonesia di pasar setempat.

Sebagai salah satu bentuk dukungan, Konsul Ekonomi KJRI Cape Town pada Rabu (25/10) turut hadir dalam pelepasan kontainer pertama PT Eagle Indo Pharma di pabrik dan gudang mereka yang berlokasi di Tangerang, Banten. Kontainer pertama yang diekspor kepada buyer di Cape Town, yaitu BCAP Logistics, meliputi produk balsam Geliga dengan nilai ekspor sekitar 370 ribu dolar AS (sekitar Rp5,89 miliar).

Kontainer tersebut diperkirakan sampai di Pelabuhan Cape Town pada akhir November atau awal Desember 2023.

Kepala Bagian Bisnis Internasional dan Ekspor Firman Marpaung menyampaikan bahwa pengiriman produk dalam kontainer tersebut merupakan awal kemitraan perusahaan tersebut dengan BCAP Logistics.

Pada tahun mendatang, mereka merencanakan pengiriman kontainer produk pereda pernafasan balsam Lang.

BCAP Logistics akan memasarkan produk tersebut melalui berbagai pasar, mulai dari toko-toko tradisional seperti kios yang umumnya diakses masyarakat ekonomi menengah dan umum, hingga sejumlah toko ritel seperti melalui Clicks dan Dischem.

Sementara itu, KJRI Cape Town juga menyampaikan dukungan terhadap pemasaran produk-produk tersebut di Afsel melalui kegiatan promosi yang direncanakan akan dilakukan pada 2024.

Kegiatan promosi itu dilakukan dengan bekerja sama dengan beberapa kota di Western Cape dan Eastern Cape, serta Pasar Rakyat di Cape Town pada Oktober 2024.

Sementara itu, PT Eagle menyambut dukungan tersebut dan menyampaikan bahwa BCAP Logistics juga cukup aktif dan antusias untuk berkolaborasi dalam promosi produk dan terbuka untuk mendiskusikan partisipasi pada kegiatan promosi KJRI Cape Town.

Baca juga: KJRI Cape Town promosi budaya dan produk Indonesia lewat Pasar Rakyat
Baca juga: KJRI Cape Town, Nelson Mandela Bay dorong kerja sama bisnis RI-Afsel
Baca juga: KJRI adakan konseling, sosialisasi pemilu bagi WNI di Afrika Selatan

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023