Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI tengah menyusun tiga tema kampanye pemilu damai yang akan ditayangkan pada Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dan RRI.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong menyebut tema pertama, kampanye untuk mengajak partisipasi anak muda di Pemilu 2024 yang didominasi pemilih muda berusia 17-40 tahun dengan jumlah sekitar 107 juta orang atau 53-55 persen dari total jumlah pemilih.

"Mengajak masyarakat berpartisipasi terutama sasaran kami adalah generasi z dan milenial sebagai pemilih terbanyak pada Pemilu 2024," ujar Usman saat pembukaan Focus Group Discussion (FGD) dengan topik 'Peran Media Pemerintah Dalam Menyukseskan Pemilu Damai 2024', di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan Kemenkominfo telah menyosialisasikan pemilu kepada lima kampus yang daerah partisipasi politiknya rendah pada Pemilu 2019. Berdasarkan data BPS, lima provinsi dengan tingkat partisipasi pemilih rendah adalah DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Maluku dan Kalimantan Tengah.

Kemenkominfo pun akan kembali melakukan sosialisasi ke kampus di daerah lain, seperti Jambi. Kendati demikian, Jambi tidak termasuk provinsi dengan tingkat partisipasi pemilih rendah.

"Jambi tidak rendah, tapi ini permintaan dari kampus agar kami datang ke sana untuk sosialisasi kepada mahasiswa," katanya.

Kemudian, kata Usman, tema kedua adalah kampanye antipolitik uang yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Untuk itu, Kominfo merancang billboard bertuliskan pinjam dulu 100, akan tetapi diberikan tanda silang.

"Kampanye tersebut sesuai dengan tren yang sedang digemari anak muda ketika berkomunikasi. Ini kan gaya-gaya milenial ketika komunikasi pinjam 100 supaya silaturahmi tidak putus kan gitu," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Usman, Kemenkominfo pun mengambil video hasil lomba bertema pemilu dari Kementerian Dalam Negeri untuk ditayangkan di televisi dan billboard

Baca juga: Menkominfo ajak sivitas Kemenkominfo melaju untuk Indonesia Maju

Dirjen IKP menyebut tema ketiga adalah pemilu damai walaupun berbeda pilihan, tetapi bersaudara selamanya.

"Kira-kira seperti itu beda pilihan seperlunya, pas pemilu saja, tapi kalau bersaudara, berbangsa, bernegara, bertanah air, ber-NKRI, ber-Bhinneka Tunggal Ika, harus selamanya," pungkas Usman.

Baca juga: Kemenkominfo intensifkan edukasi PIP untuk sukseskan Pemilu 2024​​
Baca juga: Jangkau 3T, Kemenkominfo diminta dukung teknologi Pemilu di Jayapura
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023