Makin banyak tokoh yang akan ikut dalam kompetisi konvensi Partai Demokrat itu makin baik."
Bandung (ANTARA News) - Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan siap menghadapi kompetisi konvensi calon presiden Partai Demokrat yang akan diikuti sejumlah tokoh dalam menghadapi Pemilu Presiden 2014.

"Makin banyak tokoh yang akan ikut dalam kompetisi konvensi Partai Demokrat itu makin baik," kata Irman Gusman, usai memberikan kuliah umum dengan tema "Kesiapan Daerah Menghadapi Tantangan Globalisasi" di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di Jatinangor, Bandung, Senin.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain, Rektor IPDN I Nyoman Sumaryadi beserta staf pengajar dan para praja.

Hadir juga, Anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Barat dan Sekjen DPD RI Jamhur Hidayat.

Menurut Irman Gusman kompetisi konvensi calon presiden Partai Demokrat, adalah ajang seleksi untuk memilih calon presiden dari Partai Demokrat, yakni pemimpin nasional mendatang.

Dalam seleksi calon pemimpin nasional, makin banyak tokoh yang ikut makin baik, karena perlu melakukan seleksi secara menyeluruh, tidak sekadar melihat faktor popularitas.

"Calon pemimpin nasional ke depan harus mampu menghadapi dan mengatasi berbagai persoalan bangsa, sehingga perlu kriteria jelas," katanya.

Menurut dia, jangan sampai Partai Demokrat salah memilih figur untuk diusung sebagai calon presiden.

Karena itu, Irman mengusulkan kepada Partai Demokrat, untuk merumuskan dan mengumumkan, kriteria calon presiden yang akan diusungnya serta mekanisme proses seleksi pada konvensi Partai Demokrat, sebelum menetapkan pesertanya.

Ia mencontohkan, kriteria calon presiden tersebut seperti kapasitas, kredibilitas, integritas, rekam jejaknya.

"Kriteria itu harus ditetapkan dan diumumkan secara transparan, sehingga publik juga bisa memberi masukan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Irman menilai, konvensi calon presiden yang akan diselenggarakan Partai Demokrat merupakan langkah baik untuk memecahkan kebuntuan aspirasi rakyat terhadap calon presiden.

Menurut dia, di luar konvensi Partai Demokrat, hanya elite-elite partai politik yang memiliki kesempatan untuk diusung sebagai calon presiden.

"Padahal, masih ada putra terbaik bangsa yang berada di luar partai politik," katanya.

Irman menambahkan, dirinya merupakan salah satu tokoh yang mendapat tawaran untuk mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Hal ini, kata Irman, merupakan suatu kehormatan bagi dirinya dan keluarganya, sehingga Irman akan mempersiapkan diri sebagik mungkin.

"Saya baru digadang-gadang untuk mengikuti konvensi capres. Soal peluang, hal itu sangat tergantung dari aspirasi rakyat," katanya.

Irman juga menilai melalui konvensi capres Partai Demokrat, membuka peluang-peluang politik daerah untuk berkompetisi pada jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa nama yang disebut-sebut akan mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat, selain Irman Gusman adalah, mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo, Ketua DPR RI Marzuki Alie, serta Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. (R024/Z003)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013