Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mempertahankan tren positif permainan mereka hingga mencapai babak perempat final French Open 2023, usai mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Kamis malam waktu Rennes.

Pasangan juara All England 2022 tersebut menundukkan Hoki/Kobayashi dengan dua gim langsung 21-14, 23-21 dalam pertandingan berdurasi 37 menit di Glaz Arena.

"Kami senang sekali bisa menang lawan Hoki/Kobayashi hari ini. Permainan tadi kami cukup mendominasi dari awal sampai akhir hanya memang di gim kedua akhir mereka sempat mengubah pola dengan banyak mengangkat bola," tutur Fikri melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Bagas/Fikri berjuang pertahankan stamina di tengah turnamen Eropa

Fikri mengatakan, perubahan pola lawan pada gim kedua sangat menguras tenaganya dan Bagas dalam memberikan pengembalian. Namun berkat pertahanan yang solid, Bagas/Fikri mampu keluar dari situasi kritis dan berbalik mematahkan pola lawan lalu merebut kemenangan.

"Mereka berusaha menjauhkan (kok) dari jangkauan kami, itu lumayan menguras stamina. Itu yang membuat kami agak kendur. Beruntung kami masih bisa melewati situasi kritis itu," imbuh Fikri.

Kemenangan tersebut tak hanya memperpanjang langkah pasangan berjuluk The Bakri pada turnamen berkategori BWF Super 750 itu, namun juga menciptakan skor imbang 3-3 dalam catatan pertemuannya kontra ganda putra asal Jepang tersebut.

Baca juga: Bagas/Fikri rengkuh runner-up Denmark Open usai kalah dari Aaron/Soh

Dari enam laga yang pernah dimainkan kontra Hoki/Kobayashi, duo Indonesia pun mendapat ilmu baru sebagai siasat untuk mengalahkan Hoki/Kobayashi pada kesempatan pertemuan selanjutnya.

"Kami memang harus mengontrol permainan depan, harus sangat memegang zona depannya kalau mau menang melawan mereka. Tadi baik saya maupun Bagas berhasil menguasai itu," ujar Fikri.

"Kami percaya diri saja dengan kemampuan kami sebagai pasangan, komunikasi juga dijaga. Itu membuat bisa lebih tenang di saat setting poin tadi," kata Bagas menambahkan.

Dengan kemenangan tersebut, maka Bagas/Fikri juga menyusul dua ganda putra Indonesia lainnya ke babak perempat final. Dua pasangan yang lebih dulu mengamankan posisinya ialah unggulan pertama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Baca juga: The Daddies atasi hambatan peringkat satu dunia menuju perempat final
Baca juga: Fajar/Rian nikmati kemudahan menuju perempat final French Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023