Lampung Tengah (ANTARA) - Personel gabungan TNI dan Polri siap melakukan pengamanan dalam rangka kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Pasar Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung pada Jumat pagi.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi, sepanjang jalan menuju Pasar Rumbia di Kecamatan Rumbia dijaga ketat oleh pihak personel gabungan TNI dan Polri.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, di Pasar Rumbia, Jumat, mengatakan gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan satuan tugas pengamanan (Satgaspam) VVIP, baik personel, material, maupun pendukung sarana lainnya guna memastikan kunjungan kerja Presiden Jokowi berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

"Untuk pos pengamanan yang jelas kami sudah menyiapkan di beberapa titik pengamanan tidak terputus baik di jalan besar maupun jalan alternatif. Pengawalan kami akan optimalkan," kata dia.

Ia menegaskan agar seluruh personel dapat memegang teguh disiplin dan prosedur tetap aturan ketentuan perundangan-undangan yang menjadi payung hukum pelaksanaan pengamanan VVIP agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pengamanan rute, kata dia, yang akan menjadi prioritas titik lokasi pengamanan ada di tiga lokasi yang diperkirakan antusias masyarakatnya tinggi.

"Titik yang menjadi keramaian massa seperti di Simpang Randu, SPBU dan Pasar Rumbia, itu yang memang banyak akan titik antusias masyarakatnya tinggi," ujarnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari tindakan yang tidak simpatik.

"Ini adalah momen yang sangat penting bagi kita, jangan membuat malu, kita optimalkan dan sambut beliau dengan baik," ujar dia.
Baca juga: 2.347 personel amankan kunjungan kerja Jokowi di Probolinggo
Baca juga: Sebanyak 2.800 personel amankan kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung
Baca juga: Kapolda : 1.500 personel amankan kunjungan kerja Jokowi di NTT

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023