Beijing (ANTARA) - Tiga astronaut (taikonaut) dalam wahana antariksa Shenzhou-17 China berhasil memasuki stasiun luar angkasa negara itu dan bertemu dengan trio taikonaut lainnya pada Kamis (26/10), memulai putaran baru serah terima awak di orbit.

Kru Shenzhou-16 membuka palka pada pukul 19.34 Waktu Beijing (18.34 WIB). Ketiga awak stasiun luar angkasa itu menyambut para kru yang baru tiba, dan mereka berfoto bersama.

Tang Hongbo, komandan misi Shenzhou-17, mengalami momen bersejarah sebagai salah satu astronaut China pertama yang pergi ke stasiun luar angkasa China pada Juni 2021 saat diluncurkan ke orbit dalam misi Shenzhou-12.

Saat ini, kompleks luar angkasa yang dikunjungi Tang telah diperluas menjadi sebuah laboratorium luar angkasa serbaguna dengan dua modul tambahan dan fasilitas eksperimental yang lebih canggih.

Dia juga mencetak rekor baru untuk interval terpendek antara dua misi penerbangan luar angkasa oleh astronaut China.

Pertemuan kedua kru di luar angkasa tersebut mengawali putaran ketiga pergantian kru di orbit di stasiun luar angkasa China.

Menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency), keenam taikonaut itu akan tinggal dan bekerja bersama selama sekitar empat hari untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan dan melakukan serah terima pekerjaan, demikian Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023