Kejadiannya begitu cepat, kabarnya karena adanya konsleting listrik dari kios yang berada di tengah,"
Pekanbaru (ANTARA News) - Belasan kios semi permanen dengan fondasi batu namun berdindingkan kayu di Kompleks Pasar Swadaya Masyarakat yang berlokasi di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Riau, Selasa sore, terbakar.

Menurut saksi mata yang ditemui di lokasi kebakaran, peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB diselingi dengan suara ledakan kecil beberapa kali.

Cuaca panas dengan tiupan angin yang cukup kencang menurut saksi mata membuat api begitu cepat membesar hingga `melahap` belasan kios yang berada di sebelah kompleks pasar malam milik Pemerintah Kota Pekanbaru itu.

"Kejadiannya begitu cepat, kabarnya karena adanya konsleting listrik dari kios yang berada di tengah," kata Anto (34), warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Namun sejumlah saksi mata lainnya menyebutkan kebakaran itu disebabkan adanya warga yang melakukan pembakaran sampah di dekat kios sehingga api menyambar bangunan semi permanen itu.

"Indikasi mengenai penyebab terbakarnya belasan kios ini masih dalam penyelidikan," kata petugas kepolisian yang telah turun ke lokasi kejadian.

Aparat kepolisian turun ke lokasi kejadian beberapa saat setelah sekitar empat unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Pekanbaru tiba.

Upaya pemadaman oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran itu berlangsung sekitar lebih dari 40 menit hingga akhirnya api benar-benar padam.

Informasi kepolisian, tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta bahkan hingga miliaran rupiah.

Kasus kebakaran di Kota Pekanbaru sangat sering terjadi, bahkan dalam beberapa bulan terakhir pada 2013, sudah terjadi lebih 65 kasus kebakaran untuk gedung, rumah atau bangunan fisik lainnya.

Data Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Pekanbaru menyebutkan, mayoritas pemicu kebakaran adalah akibat konsleting listrik dan kelalaian masyarakat.

"Untuk itu, diharapkan warga tetap waspada menghadapi ancaman tersebut dengan melakukan pengecekan kondisi tempat tinggal dan lingkungannya secara berkala," kata Kepala DPK Pekanbaru Syafril Nawawi.

(KR-FZR/M027)

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013