Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 10 tokoh meraih "Jakarta Youth Award 2023" karena memiliki komitmen, dedikasi dan prestasi dalam pekerjaannya untuk membangun DKI Jakarta terkait peringatan Sumpah Pemuda.
 
"Penghargaan ini diberikan kepada para tokoh, pemuda, pejabat dan masyarakat lainnya yang sudah berkontribusi," kata Presidium Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta (KMSPJ) Farah Irma Nurmala di Gedung Pemuda Jakarta, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat.

Selain itu tokoh, pemuda, pejabat dan masyarakat yang memperoleh penghargaan ini berprestasi dan berperan aktif dalam membangun Jakarta serta menjadi inspirasi bagi generasi muda.
 
Ke-10 tokoh, pejabat dan masyarakat yang meraih penghargaan, yakni Aldwin Rahadian (pengacara), Andri Yansyah (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta) dan Arlyana Abubakar (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta).

Selain itu Fajar Alvarisi (Founder Bale Buku Jakarta), Ichwanul Muslimin (Anggota DPRD DKI Jakarta), Khoirul Azwan Alfatih Gumelar (Atlet Sky Air DKI Jakarta) dan Rifdha Irfanalutfi (Atlet Senam DKI Jakarta).

Baca juga: Pj Gubernur DKI ajak pemuda bersatu maknai Sumpah Pemuda
 
Kemudian, Ketua PMI Jakarta Utara Rijal, Lurah Kembangan Selatan Jakarta Barat RM Pradana Putra serta Penemu Hak Paten Produk Pangan Untuk Lansia Wawan Saepul Irwan.
 
Farah mengatakan, penghargaan yang berlangsung sejak 2010 itu diharapkan dapat menambah motivasi bagi para penerima dalam menjalankan aktivitasnya.

Ketua Tim Seleksi "Jakarta Youth Award 2023", Hadi Nasbey mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada 10 tokoh Jakarta yang memiliki perhatian untuk membangun generasi muda dan berkontribusi terhadap pembangunan Jakarta ini.
 
"Penghargaan ini melalui tahapan yang panjang. Mulai dari riset, kajian dan verifikasi selama empat bulan terakhir mulai Juli-Oktober 2023. Setidaknya ada 65 nama yang kita jaring, namun ada 10 orang yang berhak mendapatkan penghargaan itu," kata Hadi.
 
Dia menjelaskan, riset itu dilakukan dengan mengkaji pernyataan para tokoh tersebut di beberapa media. Selain itu juga metode survei sehingga tokoh dan kaum muda ini layak memenuhi kriteria mendapatkan "Jakarta Youth Award Tahun 2023".
 
"Ada beberapa kriteria penghargaan ini diberikan kepada 10 orang tersebut. Pertama, memiliki komitmen tinggi dalam memberikan sumbangsih bagi kebaikan kota Jakarta sehingga menjadi inspirasi dan motivasi bagi pemuda," katanya.

Baca juga: Wagub DKI ajak pemuda berpolitik
 
Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta (KMSPJ) tengah foto bersama dengan peraih penghargaan Jakarta Youth Award 2023 di Gedung Pemuda Jakarta, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (27/10/2023). Sebanyak 10 tokoh menerima penghargaan tersebut. ANTARA/Syaiful Hakim
Selain itu, tokoh ini secara konsisten dan totalitas dalam mengemban amanah, memiliki pemahaman mendalam di bidang atau profesinya yang diimplementasikan untuk kemajuan pembangunan Jakarta.

Kemudian, secara konsekuen dan berkelanjutan rela memegang tugas dan tanggung jawab di pundaknya serta berani mempertahankan ide, gagasan dan gerakan yang nyata tanpa adanya intervensi kepentingan manapun.

KMSPJ terdiri berbagai lembaga, yakni Jakarta Monitoring Network (JMN), Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika Jakarta) dan Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition).

Selanjutnya Komunitas Peduli Pendidikan Jakarta (KPPJ) dan Lembaga Pengembangan Peran serta Masyarakat (LP2SM). Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta (MPOJ), Komunitas Reyog Ponorogo (KRP), Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ), Partisipasi Pengembangan Masyarakat (P2M) dan Jakarta Public Service (JPS).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023