persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak pemuda dan pemudi bersatu menghadapi tantangan global dalam rangka memaknai Hari Sumpah Pemuda.

"Ke depan kita menghadapi berbagai tantangan, baik ekonomi maupun situasi dunia sehingga semua lapisan masyarakat, pemuda-pemudi Indonesia, untuk bersatu membangun Indonesia," kata Heru pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Monas, Jakarta, Jumat.

Ia juga mengajak generasi muda untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan dalam membangun negeri.

Dalam sambutannya, Heru mengatakan peringatan Sumpah Pemuda memiliki arti penting terhadap persatuan bangsa dan cita-cita mewujudkan kejayaan Republik Indonesia.

Hal itu, kata dia, sejalan dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini yaitu "Bersatu Bangun Bangsa".

"Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," kata Heru.

Ia menambahkan sejarah menjelaskan peran pemuda sebagai pelopor visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928, yang kemudian diikuti rangkaian pergerakan yang mengantarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar," imbuhnya.

Sementara itu, menyikapi perbedaan suku, agama, ras, dan kultur, Heru mengungkapkan akan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Pemuda, lanjut dia, akan berperan menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Untuk itu, ia mengajak pemuda untuk terus kreatif dan inovasi.

"Keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda menjadi pelaku penting dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045.

Inspektur upacara
Dalam Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 untuk pertama kalinya Heru Budi Hartono selaku Pj Gubernur DKI Jakarta menjadi inspektur upacara.

Upacara dihadiri oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Balai Kota DKI Jakarta serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.
Baca juga: Dinas DKI minta arahan Pj Gubernur soal lanjutan rumah DP Rp0
Baca juga: Bamus Betawi dukung penataan Jakarta
Baca juga: Stafsus Menteri ATR dukung langkah Heru dirikan posko pengaduan

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022