Batusangkar (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengembangkan wisata minat khusus memanfaatkan sejumlah potensi dan bentangan alam yang indah.
 
"Tanah Datar memiliki gunung, sungai, perbukitan hingga lembah yang indah yang bisa dikembangkan menjadi wisata minat khusus," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar, Sabtu.
 
Wisata minat khusus yang bisa dikembangkan di Tanah Datar, di antaranya jalur pendakian gunung, arung jeram seperti di Batang Sinamar Kecamatan Lintau Buo, Sungai Batang Ombilin di Kecamatan Rambatan dan di Gunung Rajo Kecamatan Batipuh.
 
Selain itu Tanah Datar juga memiliki potensi untuk sepeda MTB dengan jalur yang menantang dan pemandangan alam yang sangat indah, seperti di Padang Savana Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas.

Baca juga: Tokoh nasional hadiri Festival Sumpah Sati Bukik Marapalam

Baca juga: Tanah Datar gelar Pagaruyung Islamic Art Festival agenda wisata Sumbar
 
"Bahkan Tanah Datar juga memiliki tempat Paralayang yang telah ditetapkan sebagai salah satu daerah pelaksana ajang paralayang resmi tingkat Nasional yang berlokasi di Puncak Makau Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan," ucapnya.
 
Ia mengatakan pengembangan wisata minat khusus di Tanah Datar akan berdampak positif bagi warga setempat, juga bagi pelaku usaha terkait seperti layanan transportasi, akomodasi, jasa pemandu, dan sebagainya.
 
Bisa pula ditawarkan menjadi satu paket oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Nagari (desa) terkait.
 
"Nantinya selain menggali potensi alam yang selama ini belum terkelola dengan baik, juga akan bisa menambah pemasukan bagi masyarakat di nagari dengan banyaknya wisatawan yang datang," katanya.
 
Namun kata dia, yang tak kalah penting diperhatikan adalah layanan kepada setiap pengunjung sehingga setiap tamu yang datang itu merasa nyaman dan betah untuk kembali lagi ke Tanah Datar.
 
"Saya mengimbau mari kita bersikap ramah kepada setiap tamu yang datang, berikan layanan terbaik ke mereka, jika mereka puas percayalah mereka akan kembali lagi ke nagari kita," kata dia.
 
Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Afrizal mengatakan pengelolaan kepariwisataan di Tanah Datar tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki.
 
Dalam meningkatkan mutu dan kualitas tersebut pihaknya telah melakukan pembinaan dan pelatihan bagi Pokdarwis yang ada di nagari di Tanah Datar.
 
"Bahkan khusus untuk wisata minat khusus, telah ada Pokdarwis kita yang mengelola dan itu telah berjalan saat ini. Tinggal lagi bagaimana kita kedepannya mengemas dengan baik dengan membuat paket wisata yang diminati wisatawan," ujarnya.*

Baca juga: Homestay di Tanah Datar terisi penuh selama libur Lebaran 2023

Baca juga: Libur Lebaran, Tanah Datar siapkan enam agenda sambut wisatawan

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023