Blitar (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak para pemuda untuk meneladani jiwa kepahlawanan Soekarni Kartodiwirjo, seorang pemuda asal Blitar yang berperan besar dalam proses perjuangan sebelum kemerdekaan RI.

"Hari ini kami menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Blitar. Kami ingin nafas keteladanan, perjuangan, kepahlawanan bisa tersampaikan dan diikuti. Tokoh muda pejuang kemerdekaan dari Blitar selain tokoh proklamator Bung Karno, ada juga Soekarni," kata Gubernur Khofifah dalam perayaan Ke-95 Hari Sumpah Pemuda di Alun-Alun Kanigoro, Kabupaten Blitar, Sabtu.

Ia mengatakan Soekarni Kartodiwirjo turut serta berperan besar dalam proses perjuangan pra-kemerdekaan.

"Soekarni adalah pemuda Blitar yang mengusulkan naskah proklamasi kemerdekaan yang ditandatangani Soekarno Hatta dengan mengatasnamakan bangsa Indonesia," kata dia.

Baca juga: BNPT: Sumpah Pemuda Ke-95 momentum bangun semangat kerja kolaboratif

Baca juga: KPU Manokwari ajak mahasiswa nobar Kejarlah Janji saat Sumpah Pemuda


Gubernur menambahkan, Blitar dipilih sebagai lokasi perayaan Ke-95 Hari Sumpah Pemuda, sebab daerah ini memiliki kaitan erat dengan perjuangan bangsa Indonesia.

"Selain itu Blitar juga kental dengan peristiwa pemberontakan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang dipimpin Soeprijadi, anak dari bupati Blitar di era kemerdekaan, Raden Darmadi," ujar dia.

Dirinya menambahkan, peringatan Ke-95 Hari Sumpah Pemuda di Blitar ini bisa memberikan suntikan semangat kepada seluruh masyarakat terutama para pemuda. Bahwa ada lecutan semangat dan perjuangan yang di teteskan dari pahlawan asal Blitar.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menyerukan seluruh pemuda untuk ambil bagian dan berkontribusi mewujudkan kemajuan bangsa mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Pemuda adalah bagian dari kekuatan yang tak terhentikan dalam membangun bangsa, mari bersama-sama bergandengan tangan memberikan kontribusi terbaik kita untuk mewujudkan Indonesia emas 2045," ujarnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, kata Khofifah, merupakan refleksi bagaimana para pemuda sejak masa penjajahan punya semangat dan keberanian melakukan perubahan. Untuk itu, pemuda kata Khofifah harus menjadi inisiator, problem solver maupun game changer bagi Bangsa Indonesia.

"Pemuda di masa kini pun harus meneladani peran besar para pemuda di masa pra kemerdekaan. Bahwa pemuda harus menjadi inisiator, problem solver dan game changer bagi kemajuan Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda pagi ini diawali dengan persembahan lagu teatrikal dari Paduan Suara UNUSA, penampilan Tari Kolosal "Jaranan Dor" 200 Penari dari Desa Wisata Semen kolaborasi dengan SMPN 1 Gandusari, Kabupaten Blitar serta Drumband Genta Buana Brawijaya dari SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur dan berbagai penampilan lainnya.

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan Blitar masa kemerdekaan, Gubernur Khofifah didampingi Wakil Gubernur Emil dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono memberikan penghargaan kepada salah satu keponakan pejuang kemerdekaan Soekarni yang diterima langsung oleh keponakan Soekarni.*

Baca juga: Nasdem Depok sebut Sumpah Pemuda momentum tingkatkan suara AMIN

Baca juga: Semen Padang serahkan beasiswa pada momentum Hari Sumpah Pemuda

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023