Kota Bandung (ANTARA) - Persib Bandung mengakhiri putaran pertama Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 dengan kemenangan setelah menundukkan PSS Sleman dengan skor telak 4-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu malam.

Persib mencetak empat gol melalui Ciro Alves di menit ketiga, David Da Silva pada menit ke-20, Frets Butuan pada menit ke-70, dan Beckham Putra pada menit ke-77.

Sementara itu PSS Sleman sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Kim Kurniawan pada menit ke-36.

Dengan hasil ini, untuk sementara Persib Bandung naik ke peringkat kedua klasemen Liga 1 dengan 31 poin, sementara PSS Sleman tertahan di posisi ke-14 dengan 19 poin. Kedua tim sama-sama telah memainkan 17 pertandingan.

Pada babak pertama Persib Bandung mengambil inisiatif menyerang dan memberikan ancaman kepada para pemain PSS Sleman.

Maung Bandung unggul lebih dahulu pada menit ketiga lewat kesalahan lini belakang pemain PSS Sleman yang dimanfaatkan oleh pergerakan Ciro Alves menjadi sebuah gol.

Berselang lima menit, Persib Bandung kembali mengancam gawang PSS melalui David Da Silva yang mampu melesakkan tendangan, namun melebar ke kiri gawang PSS.

Pada menit ke-17 Persib kembali mendapatkan peluang dari sundulan dari Ciro Alves. Sayang, sundulan tersebut masih melebar menyamping di mistar gawang PSS.

Persib Bandung yang sudah unggul 1-0, sempat mengendurkan serangan yang membuat para pemain PSS lebih banyak bermain di lini pertahanan Persib Bandung.

Namun, Persib kembali menambah keunggulan pada menit ke-20 lewat tendangan melengkung dari David Da Silva melalui kerja sama yang apik dari Ciro Alves yang membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk tim tuan rumah.

Dengan keunggulan 2-0, permainan Persib Bandung menjadi lebih tenang untuk melakukan serangan demi serangan ke permainan lawan.

Pada menit ke-36 PSS Sleman berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol dari Kim Kurniawan yang memanfaatkan kelengahan lini belakang pemain Persib Bandung, skor kembali berubah menjadi 2-1.

Menjelang akhir babak pertama, Persib Bandung kembali meningkatkan intensitas permainan usai kebobolan dari tim lawan.

Pada menit ke-46, Persib kembali mendapatkan peluang emas lewat pergerakan Marc Klok di kotak penalti yang kemudian disambut oleh David Da Silva. Namun, sayang tendangan keras David masih jauh di atas mistar gawang kiper M Ridwan.

Skor 2-1 bagi keunggulan Persib bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Arema bermain imbang lawan Madura United 1-1

Di awal babak kedua, PSS Sleman mendominasi pertandingan dengan beberapa kali menusuk lini pertahanan tim tamu.

Pada menit ke-52 Persib mendapatkan peluang lewat pergerakan Ciro Alves yang mampu menembus lini pertahanan lawan. Namun, tendangannya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper lawan.

Berselang enam menit, tim tuan rumah mendapatkan peluang emas lewat akselerasi Frets Butuan. Namun, kembali peluang tersebut masih tipis di atas mistar gawang PSS Sleman.

PSS Sleman yang tertinggal 2-1, lebih sering untuk meningkatkan intensitas serangan ke lini pertahanan Persib.

Namun pada menit ke-70 Persib justru mampu menambah keunggulan lewat kerja sama yang apik dari umpan David Da Silva yang kemudian disambut baik oleh Frets Butuan. Maung Bandung kembali mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Semenit berselang, Ciro kembali mengancam gawang lawan. Namun, tendangannya masih bisa diantisipasi dengan baik.

Pada menit ke-77, kiper PSS Sleman M Ridwan membuat kesalahan saat menyapu bola. Hal tersebut kemudian berhasil dimanfaatkan oleh David Da Silva untuk memberikan assist kepada Beckham Putra yang berbuah menjadi gol keempat bagi Persib Bandung.

PSS yang tertinggal tiga gol tak tinggal diam dengan mencoba beberapa kali menusuk lini pertahanan Persib namun masih bisa diantipasi oleh lini pertahanan yang kokoh dari tim tuan rumah.

Di detik-detik terakhir, Maung Bandung masih melakukan berbagai serangan kepada pemain lawan. Hingga menit akhir dibunyikan skor tak berubah dan laga pun berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Pangeran Biru.

Berikut daftar susunan pemain :

Persib Bandung: Teja Paku Alam (PG), Kakang Rudianto, I Putu Gede, Rezaldi Hehanusa, David Da Silva, Alberto Rodriguez, Dedi Kusnandar, Marc Klok (C), Frets Butuan, Levy Madinda, dan Ciro Alves.

Cadangan: Putra Sheva (PG), Ezra Walian, Robi Darwis, Ferdiansyah, Arsan Makarim, Victor Igbonefo,Ryan Kurnia, Rachmat Irianto, Edo Febriansyah dan Beckham Putra.

PSS Sleman : M Ridwan (PG), Nurdiansyah, Thales Natanael, Jihad Ayoub, Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Jonathan Bustos, Wahyudi Hamisi, Bayu Setiawan, Hokky Caraka, Abduh Lestaluhu.

Cadangan : Dimas Fani (PG), Kei Sano, Ricky Cawor, Riki DS, Ibrahim Sanjaya, Irkham Mila, Arlan Agma, Rivaldo Ferre, Ifan Nanda, Leonard Tupamahu.

Baca juga: Pelatih: Persija butuh poin dari laga lawan PSIS
Baca juga: Borneo FC berambisi akhiri putaran pertama di puncak klasemen


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023